Cara Mempercepat Proses Charging serta Tips Perawatan Baterai pada iPhone Anda

Posted on Updated on

rechargeSebagai pengguna iPhone, kita tentunya merasakan bedanya performa serta kepuasan gadget ini dengan merk lain, dari segi ketajaman layar, smoothnya touch screennya, aplikasi atau game 3D yang menurut saya sangat powerfull, dan lain-lain. Namun semua itu kita bayar dengan cepat habisnya baterai yang mungkin dari sebagian kita mengeluh dengan masalah ini.

Sebenarnya banyak tips-tips yang sudah tersebar di dunia maya, tentang cara menghemat penggunaan baterai di iPhone, namun tetap saja cara-cara itu membuat aktivitas kita jadi terbatas alias kurang puas. Nah, di sini saya akan membahas tentang bagaimana cara agar proses pengecasan (charging) baterainya menjadi lebih cepat dan efektif.

1. Matikan atau  turn off iPhone Anda

matikan iphoneJelas di sini akan mempercepat proses charging karena tidak ada aktivitas dari iPhone kita sehingga mempercepat baterai terisi penuh. Jika Anda tidak ingin mematikan iPhone Anda, dapat juga dengan men-setting iPhone Anda dalam Airplane Mode, sehingga proses seluler serta mencari sinyal WiFi akan terhenti.

2. Gunakan Wall-Charger

wall chargerWall Charger adalah charger yang terhubung dengan listrik. Tentunya proses charging akan lebih cepat daripada kita tancapkan kabel usb ke PC/Laptop Anda. Saran resmi dari Apple yaitu gunakan kabel data asli bawaan Apple serta hubungkan dengan power adaptor USB.

3. Jaga Agar Tetap Dingin

its coldTahukah Anda, bahwa kemampuan baterai dalam menyimpan daya akan menurun secara signifikan dengan naiknya suhu? Apple menyatakan “Suhu yang panas akan menurunkan kinerja baterai iPhone Anda.” dan Apple juga menyarankan agar menghindari meletakkan iPhone di bawah teriknya matahari, atau di dalam mobil yang panas suhunya, termasuk dalam kotak atau wadah yang cenderung panasnya tidak bisa keluar. Termasuk case-case yang dapat menahan agar panasnya tidak keluar merupakan suatu masalah tersendiri. Mungkin Anda bisa melepasnya saat proses charging agar kondisi baterai Anda tidak tertekan panasnya. Saran resmi dari Apple, “Jaga suhu baterai iPhone anda berada pada suhu kamar (yaitu sekitar 27 derajat Celcius).”

Cara Perawatan Baterai iPhone Agar Tahan Lama

Apple memberikan beberapa saran tentang bagaimana menjaga umur baterai iPhone Anda:

“Untuk perawatan yang tepat terhadap baterai yang berbasis lithium, adalah sangat penting menjaga elektron di dalamnya agar bergerak sesekali. Pastikan minimal sebulan sekali mengisi baterai sampai 100% kemudian menggunakannya sampai benar-benar habis baterai tersebut.”

Semoga bermanfaat.

Sumber: mashable

Diselesaikan Jumat, 4 Muharram 1435 H, atau bertepatan dengan 8 Nopember 2013

Lantai 4 Pondok Indah Office Tower I, Pondok Indah

Jakarta Selatan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s