Google Earth 5.0 Beta: Selami Lautan Hingga Jelajahi Mars

Posted on Updated on

Google Earth 5.0 Beta
Google Earth 5.0 Beta

Banyak jalan menuju Mars. Tak percaya? Silahkan klik menu “Mars” yang tertera di toolbar Google Earth. Ya, di sini, kamu bukan hanya bisa “berjalan-jalan” menikmati wajah planet Merah ini dalam resolusi paling tinggi dan terbaru. Bahkan, permukaan dan informasi mengenai pendaratan pesawat dan fitur-fitur menarik lainnya pun bisa kamu akses pada fitur baru hasil kolaborasi Google Earth dan NASA ini.

Google Earth, sebagai aplikasi peta penjelajahan dunia itu kini telah sampai pada versi 5.0 Beta. Perusahaan raksasa peranti lunak itu mengumumkan bahwa versi terakhir Google Earth ini tak lagi hanya akan mengajak kamu berjalan-jalan di muka bumi, melainkan juga luar angkasa hingga berkeliling di bawah laut dan samudera.

Setelah Mars kita meluncur ke dalam laut. Karena peta berformat 3D ini akan mengajak kamu bukan sekadar mencari tempat pelesir berupa pantai, melainkan juga menjelajahi permukaan laut yang bergelombang hingga masuk ke dalamnya yang paling dasar untuk bertualang menikmati terumbu-terumbu karang atau menyusuri kapal-kapal karam.

Layanan peta ini juga memuat 20 fitur berisi informasi tentang riset, penelitian, serta penjelajahan samudera. Dan dengan meng-klik beberapa tanda di bagian-bagian tertentu, kita bakal menemukan kamu sajian video dokumentasi milik National Geographic dan BBC. Di sini, kita bukan saja bisa ihwal perubahan iklim, melainkan juga spesies makhluk hidup laut apa saja bahkan yang sudah terancam punah.

Uniknya, kita bisa mengubah kamera untuk menghasilkan kesan seolah-olah kita tengah berjalan di atas permukaan laut, menyelam, dan mencari beragam dive sites menarik seperti mengunjungi segitiga bermuda, gunung berapi bawah laut, atau bangkai kapal. Caranya, klik Layers yang diberi tanda “Ocean” dan untuk melihat perubahannya, kamu tinggal memperbesarkan pandangan saja permukaan laut yang bergelombang dan kita pun bisa sampai masuk ke dalamnya untuk melihat pemandangan dasar laut.

Kiranya, menjelajah planet Mars hingga mengarungi bagian terdalam dari lautan dengan panduan Google Earth ini akan memberikan pengalaman tersendiri. Dan tentu saja, memberi pengetahuan yang juga baru dan bermanfaat. Tak heran, seorang Al Gore memberikan komentar yang terdengar cukup memuji perusahaan raksasa peranti lunak ini sebagai “a magical experience”.

“Sekarang ini kamu bisa menyelam hingga seluruh samudera yang menyelimuti hampir tiga perempat planet ini dan bertuialang ke tempat-tempat baru nan mengesankan yang tidak bisa diakses pada versi sebelumnya,” ujar Al Gore.

Sumber: http://tekno.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s