Gantian Perdana Menteri China dilempar Pakai Sepatu

Posted on Updated on

sepatuAksi melempar sepatu terhadap pejabat memang sedang menjadi tren. Paling baru, seorang pemrotes melemparkan sepatunya kepada Perdana Menteri China, Wen Jiabao.

Hal itu terjadi ketika Wen berpidato mengenai kriris ekonomi global di Universitas Cambridge, Inggris. Demikian seperti dikutip dari Reuters, Senin (2/2/2009). Pidato Wen tersebut dilakukan pada hari terakhirnya berkunjung ke Inggris sejak Sabtu 31 Januari. Wen mengatakan, “ada cahaya di ujung terowongan”. Namun, dia menyerukan perlunya stimulus yang kuat dan efektif untuk mendorong perekonomian, yang terpukul oleh krisis finansial global.

Mendengar hal itu, tiba-tiba seorang pria bersiul dan mengeluarkan kata-kata. “Bagaimana bisa universitas melacurkan diri dengan diktator ini? Bagaimana kalian dapat mendengarkan kebohongan apa yang dia katakan?” ujar pria tersebut kemudian melemparkan sepatunya.

Sepatu itu gagal mengenai Wen dan mendarat di atas panggung beberapa meter dari tempatnya berdiri. Pihak keamanan universitas langsung mengusir pemrotes itu keluar dari gedung. Wen terdiam beberapa saat sebelum akhirnya melanjutkan kembali pidatonya. “Kami datang dengan perdamaian. Ini tidak akan menghalangi persahabatan Inggris-China.

Sejarah menunjukkan hubungan yang harmonis tidak akan dihalangi oleh kekuatan apapun. Apakah Anda ingin saya melanjutkan?” kata Wen. Juru bicara kepolisian mengatakan, si pelempar sepatu itu ditahan. Namun, tidak dijelaskan secara detil identitas pria tersebut. Kelompok anti China, termasuk di dalamnya massa pro Tibet, memang selalu membuntuti Wen selama kunjungannya di Inggris.

Pada Minggu 1 Februari, polisi menahan lima pendemo pro Tibet saat mereka merusak garis polisi di Kedubes China di London. Wen dikabarkan sampai keluar dari gedung Kedubes melalui pintu belakang. (irw/irw)

Sumber : detiknews.com

Update : Lihat juga videonya….

4 thoughts on “Gantian Perdana Menteri China dilempar Pakai Sepatu

    M Shodiq Mustika said:
    3 Februari 2009 pukul 12:14 am

    memang lagi marak yah pejabat atau orang penting di lempar pakai sepatu.

    Dio'Liony said:
    3 Februari 2009 pukul 1:27 am

    Mungkin nanti bkal da pemeriksaan sepatu setiap da perkumpulan pejabat..
    Hee.. Hee..

    david said:
    7 Februari 2009 pukul 4:33 am

    heran dech

    bamber said:
    8 Februari 2009 pukul 12:51 pm

    Ada2 aja :):)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s