Membangun Warnet

Posted on Updated on

Menuju Arah Positif
Meskipun zaman boom dotcom telah lewat, bisnis warung Internet (warnet) di Indonesia masih cukup menarik. Diperkirakan bisnis ini akan bergairah kembali setelah mengalami kelesuan sepanjang tahun 2004 dan 2005.

53-aufm-warnet-depan.jpg

Meskipun teknologi berkembang dengan cepat, pemenuhan akan akses Internet yang murah dan cepat saat ini hanya bisa diberikan oleh warnet. Beberapa teknologi akses Internet yang sekarang diberitakan berbiaya murah pun, jika diperhatikan, ternyata tetap sangat mahal. Harga perangkat komputer, baik perangkat keras maupun lunak, masih tidak terjangkau oleh sebagian besar masyarakat kita sehingga kebutuhan akan warnet akan selalu ada.

Teknologi-teknologi akses Internet yang baru, seperti GPRS, WiFi HotSpot, 3G, tetap menjadi barang mewah karena biaya untuk mengaksesnya sangat mahal. Sebagai contoh, akses termurah dari mobile Internet adalah Rp 2/kb. Dalam waktu 1 menit, Anda sudah bisa men-download sebesar 1 MB yang berarti = Rp2000, bandingkan dengan biaya akses di warnet. Memang benar, jika Anda hanya sekadar chatting, aksesnya akan murah. Namun, apakah kita hanya melakukan chatting saja di Internet?

Semakin maraknya penggunaan Internet membuat para pebisnis atau investor melirik peluang ini sebagai usaha yang menjanjikan. Tak hanya konsultan atau pebisnis spesialis, pengusaha tanggung yang hanya memiliki modal pas-pasan pun dapat membangun bisnis ini dengan segenap usaha penekanan terhadap biaya.

Seperti yang kita ketahui bahwa investasi awal pada proyek yang berhubungan dengan IT adalah investasi yang sangat besar. Investasi awal yang ditanam pada pembangunan warnet ini meliputi pembuatan jaringan serta instalasi perangkat keras dan perangkat lunak. Tidak ketinggalan izin usaha yang merupakan poin penting, tapi sering terlupakan oleh para pengusaha warnet.

CHIP mengunjungi beberapa warnet secara acak di Jakarta untuk ‘mengintip’ apa-apa saja yang dibutuhkan dalam membangun warnet, kendala, dan beragam informasi yang patut disimak. Tak ketinggalan, CHIP juga melakukan wawancara dengan Irwin Day dari Asosiasi Warnet Indonesia (AWARI).

Persiapan awal
Bukan hanya dana yang diperlukan pada pembangunan warnet, rencana yang matang dan tidak setengah-setengah perlu dipersiapkan dengan baik pula. Biasanya, persiapan membangun warnet kurang lebih 3 bulan, mulai dari pencarian tempat, pencarian SDM yang andal, pembelian alat-alat dan perlengkapannya, pengurusan jasa provider untuk koneksi Internet, juga pengurusan badan hukumnya.

Menggunakan jasa konsultan untuk membangun dan mengelola warnet sah saja dilakukan sepanjang modal yang dimiliki mencakup untuk itu. Biasanya jasa konsultan perlu digunakan selama tahun pertama operasional. Lebih dari 1 tahun, pengusaha dapat lebih mandiri dalam pengelolaannya.

Namun, jika dana tidak memadai untuk pengeluaran ekstra jasa konsultan, Anda tidak perlu berkecil hati. Membangun dan mengelola warnet dengan usaha sendiri pun merupakan tantangan tersendiri.

Tempat (Sewa/Beli): merupakan biaya yang dikeluarkan selama warnet berjalan meskipun renovasi seperti pengecetan ulang, pembersihan ruangan, dan menaikkan daya listrik (bila diperlukan). Server : Diusahakan memiliki spesifikasi yang lebih baik dari client. Server dapat digabung dengan komputer kasir. Untuk client, dapat digunakan komputer-komputer bekas dengan catatan, diperiksa dahulu secara keseluruhan.

Perangkat Jaringan: Hub/Switch yang menghubungkan antarclient, jumlah portnya dapat disesuaikan dengan jumlah client. Modem digunakan bila koneksi dilakukan melalui saluran telepon atau ADSL. Access Point dan antena akan diperlukan jika koneksi Internetnya menggunakan wireless. Panjang kabel UTP dan jumlah RJ45 disesuaikan dengan hasil pengukuran dari setiap client ke hub/ switch dan perhitungan jumlah client. Untuk penyatuan kabel dan RJ45, digunakan crimpping tool dan bila perlu, gunakan LAN tester untuk mengetahui penyatuan kabel yang dilakukan berhasil atau tidak.

Furniture yang diperlukan meliputi meja-kursi kasir (bisa sekaligus merangkap admin) dan meja-kursi client. Fasilitas tambahan dapat diperhitungkan, seperti printer, scanner, minuman atau makanan ringan.

Untuk anggaran belanja disarankan dibuat dengan serinci-rincinya agar tidak ada hal-hal yang terlewatkan. Membuat laporan keuangan tentang pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya sebaiknya dilakukan secara benar dan teliti. Sebagai contoh rincian (perhitungan kasar) dapat dilihat pada boks Analisis Break Even Point.

Kabel atau wireless ?
Kepraktisan bisa jadi bahan pertimbangan untuk koneksi Internet di warnet. Penggunaan wireless saat ini mendominasi sebagian besar koneksi ke warnet. Kondisi ini sudah berlangsung sejak 3-4 tahun yang lalu dan semakin meluas sejak penggunaan frekuensi 2,4 Ghz dibebaskan dari biaya lisensi. Meskipun demikian, penggunaan frekuensi radio ini ada batasan-batasan teknis. Namun dalam beberapa tahun ke depan, bisa dipastikan penggunaan wireless Internet link akan tetap menjadi primadona kecuali terjadi perubahan biaya akses via kabel/fiber optic yang signifikan. Sebab walau bagaimanapun, mutu akses melalui kabel atau fiber optic lebih bagus dibanding melalui jalur wireless. Secara teknis, ini menunjukkan kemampuan orang Indonesia dalam memanfaatkan teknologi yang ada untuk memenuhi kebutuhan akan akses Internet yang murah dan cepat. Untuk gambaran jelas dan detail mengenai teknologi wireless, dapat Anda simak pada CHIP Spesial edisi WIRELESS.

55-web-cam.jpg

Nilai Tambah : Perangkat WebCam merupakan daya tarik untuk memikat para pengguna warnet.

Apapun pilihan untuk koneksi Internet, jangan lupakan untuk memperhitungkan bandwith (kecepatan), biaya pengadaan, biaya koneksi dan layanan technical support yang disediakan provider agar masalah cepat teratasi begitu ada masalah.

Model game center lainnya adalah yang mengakomodir game yang memerlukan akses Internet, seperti yang sangat terkenal adalah Ragnarok (biasa disingkat RO), dan biasanya ditempatkan terpisah dengan ruangan warnet. Anda pun dapat menjual voucher game ini untuk pemasukan tambahan.

Perlu diingat, pengadaan game center berarti mengharuskan Anda mengubah atau memperhitungkan kembali investasi awal. Karena spesifikasi komputer untuk game, biasanya lebih tinggi dari sekadar untuk browsing Internet.

Bila Anda memiliki dana lebih dan Anda adalah orang yang peduli serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap dampak keseimbangan sosial, Anda dapat mendidik dan mencerdaskan masyarakat sekitar warnet. Caranya antara lain dengan menyediakan e-Learning dan pelatihan cuma-cuma yang menghasilkan konsep pencerdasan serta menyeimbangkan antara hiburan (chatting), informasi (surfing, e-mail) dan edukasi. Website http://warungilmu.cjb.net adalah salah satu contoh konsep pencerdasan yang dapat diterapkan sebagai bentuk kepedulian pembelajaran di bidang IT.

Billing
Tarif merupakan bagian terpenting dalam billing. Kecanggihan suatu billing ditentukan oleh bagaimana kelengkapan fasilitas serta kemudahan proses konfigurasi dan penggunaannya, baik oleh kasir maupun pengguna warnet. Tarif juga merupakan salah satu strategi marketing. Bila tidak diperhitungkan dengan matang, warnet Anda dapat kalah bersaing dengan warnet lain.

Keuntungan pemakaian program billing adalah memudahkan Anda dalam melakukan perhitungan keuangan, pencatatan waktu lebih akurat, dan pengawasan. Dengan begitu Anda dapat mengurangi kecurigaan terhadap kasir, dan menjalin hubungan kemitraan dengan penyedia jasa program ini.

Sweeping
Aksi sweeping yang heboh dilakukan terhadap warnet pertengahan tahun 2005 oleh aparat kepolisian memberikan satu di antara dua pilihan bagi pengusaha warnet. Menggunakan software legal dengan mengikuti aturan dan harga yang tinggi atau beralih ke software open source-yang tentu saja dapat digunakan dengan cuma-cuma.

Beberapa warnet responden telah mempertimbangkan untuk beralih ke OS open source seperti Linux dan FreeBSD. Tapi, kendala yang dihadapi cukup beralasan untuk masih menunda penggunaan OS open source tersebut. Alasan-alasan tersebut antara lain belum terbiasanya user/ pelanggan dalam menggunakannya walau sebenarnya kompatibilitas dan keandalannya dapat dibilang cukup user friendly. Ada juga yang beralasan, komunitas open source adalah komunitas yang eksklusif, dan pelit untuk berbagi ilmu ke masyarakat pengguna komputer. Namun, ada jalan supaya OS open source menjadi familiar yaitu dengan semakin seringnya membiasakan masyarakat menggunakan OS open source.

Ini seperti istilah ‘apa yang lebih dulu, telur atau ayam?’ Apakah menunggu OS open source menjadi familiar buat orang banyak atau kita yang mem-familiarkan OS open source? Beberapa warnet diketahui telah berani mengambil langkah untuk migrasi ke penggunaan OS open source. Ada beberapa warnet yang sukses, namun ada juga sebagian dari mereka yang akhirnya tutup atau berbalik menggunakan Windows keluaran Microsoft. Namun, untuk menggunakan software legalpun dibutuhkan kocek besar dan kantong tebal. Tidak hanya membeli sistem operasinya saja, seperti Window XP Professional yang dijual seharga US$ 295, namun software-software pendukung Internet lainnyapun harus dibeli dengan harga yang cukup tinggi pula.

Mengenai tanggapan terhadap komunitas open source, Irwin Day mengatakan bahwa sejak tahun 1998 ia menggunakan OS open source dan bergaul dengan komunitas tersebut. Ia mengaku mendapatkan banyak manfaat dan ilmu pengetahuan dari komunitas tersebut. Menurut kesimpulannya bahwa komunitas open source sama sekali tidak pelit. Yang perlu diperhatikan adalah komunitas open source punya budaya yang berbeda dengan komunitas lainnya. Oleh karena itu, diperlukan adaptasi dengan budaya tersebut dulu jika kita ingin bisa diterima dengan baik dan mendapatkan manfaat dari bergabung dengan komunitas tersebut.

AWARI (www.awari.or.id atau mailing listnya: http://groups.yahoo.com/group/ asosiasi-warnet) telah meminta penyedia software legal, dalam hal ini Microsoft, untuk memberikan harga khusus untuk Indonesia. Pihak Microsoft membuka pintu bagi terciptanya kerja sama antara Microsoft dan Awari, namun dengan skema bisnis yang jelas dan tuntutan yang tidak berlebihan. Microsoft akan membantu warnet dalam penggunaan software legal, asalkan bisa menghasilkan nilai tambah bagi kedua industri tersebut.

Namun, Awari tidak mengkampanyekan OS semata, tapi juga mengkampanyekan Legalitas Peranti Lunak yang digunakan di warnet. Setiap saat Awari memberikan edukasi ke warnet-warnet melalui milis mengenai pentingnya menggunakan peranti lunak legal guna menghindari “gangguan” dalam berbisnis warnet. Dalam kampanye tersebut termasuk di antaranya mempelajari bentuk-bentuk lisensi yang ada di peranti lunak yang sering digunakan di warnet. Beberapa diantaranya ternyata tidak memenuhi syarat untuk digunakan sehingga direkomendasikan untuk menggunakan peranti lunak lainnya.

001.png

Awari pun menyayangkan masih adanya pihak-pihak warnet yang merasa bisa berkelit menghadapi aturan legalitas perangkat lunak. Awari sendiri sikapnya jelas: legalkan perangkat lunak di warnet (bukan hanya OS saja). Bagi warnet yang masih bertahan dengan peranti lunak bajakan, Awari mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan itu melanggar hukum dan setiap saat usahanya terancam untuk diberhentikan oleh aparat. Sampai saat ini, sweeping HAKI masih berlangsung secara teratur. Hari ini lolos bukan jaminan besok lolos lagi!

Prospek
Tarif akses data dari penyelenggaraan jaringan dan jasa Internet yang lebih rendah; meningkatnya kebutuhan akses bagi kalangan yang tidak memiliki sarana akses Internet di rumah, kantor, atau sekolah serta dukungan regulasi yang lebih kondusif memungkinkan usaha warnet mengalami pertumbuhan yang baik dan memiliki prospek yang bagus ke depannya. Namun, perlu digarisbawahi bahwa prospek warnet juga bergantung pada pengelola warnet tersebut, mau diarahkan ke mana warnetnya. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda dapat mengintip bocorannya di website blog Irwin Day, http://tayuang.blogspot.com/2006/05/mengembangkan-warnet.html.

Nah, bagi Anda yang telah berencana untuk membangun warnet dan telah memahami tentang cara membangun warnet, bergegaslah untuk mempersiapkan dan menjalankan semuanya dari sekarang. Jadi, tunggu apa lagi?

Agar Warnet Dapat Bertahan “Hidup”

57-iec-price.jpg

Faktor Sensitif : Dengan harga yang bersaing dijamin warnet Anda ramai dikunjungi.

  1. Berikut adalah tips bagaimana mengelola warnet agar dapat bertahan “hidup” dan profitable:
  2. Pilih lokasi yang strategis, seperti di dekat area kampus, sekolah atau pinggir jalan raya.
  3. Usahakan menggunakan PC bermultimedia.
  4. Tambahkan fasilitas penunjang seperti printer, scanner, serta makanan dan minuman ringan.
  5. Pastikan kemudahan fleksibilitas penggunaan penunjang untuk transfer data, seperti tersedianya floppy disk,     USB, CD/DVD-ROM. Namun, tidak semua warnet memberikan semua fasilitas ini mengingat mudahnya     penyebaran virus dari satu media ke media lainnya.
  6. Kalau ada dana lebih, akan lebih baik warnet dilengkapi dengan webcam, head set, printer, dan fasilitas untuk    cetak foto dari kamera digital atau ponsel.
  7. Selain warnet, jika dana terbatas, sediakan juga rental komputer. Dapat dipastikan bila musim skripsi dan tugas-tugas tiba, Anda bisa menghasilkan income yang cukup baik.
  8. Utamakan kenyamanan pelanggan dengan memperhatikan sirkulasi udara yang baik (AC yang cukup dingin atau kipas angin yang berfungsi dengan baik) dan ruang tunggu yang layak.
  9. Selalu pelihara dan update teknologi komputer yang ada di warnet. User akan malas bila memakai komputer tua dengan kecepatan yang lambat. Jangan lupa untuk menggunakan UPS.
  10. Pekerjakan karyawan (kasir, admin atau operator) yang ramah, paham dengan troubleshooting, mau mengajari pelanggan-pelanggan baru, dan dapat memberikan pelayanan yang baik.
  11. Sediakan toilet yang bersih.

Source : CHIP 09 2006This email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it <!– document.write( ” ); //–>

About these ads

101 thoughts on “Membangun Warnet

    syamsul said:
    10 September 2007 pukul 12:51 pm

    komplit broer infonya, gue memang lagi nyari info warnet, nggak sengaja ketemu nih!!! so, usaha warnet jalan teruuusss…

    Astonix said:
    13 September 2007 pukul 3:42 pm

    Assalamu’alaikum.
    Wah… kaya’nya kmu mo jd manager warnet nih bos…
    By d way, udah tahu kalkulasi biayanya kan? kapan nih mo buka usahanya, aku akan setia menunggunya… (ceilee…. :D )

    xtrezeguet said:
    15 September 2007 pukul 11:09 pm

    anyway thx bos informasinya,,,

    xtrezeguet said:
    15 September 2007 pukul 11:12 pm

    anyway thx bos informasinya,,,
    gw jg gi butuh informasi ini. cita2 sjk zaman kuliah dulu mau buka warnet… buat persiapan niyh, doain ya . amin

    arif said:
    18 September 2007 pukul 10:37 am

    wah.. artikel nya great mas!!
    minta alamat n HP nya donk.. email aja ke armour_rif@yahoo.co.id
    saya mau buka warnet nie mas
    thanks

    arif said:
    18 September 2007 pukul 10:39 am

    minta infonya bener ya mas…

    maghado said:
    23 Oktober 2007 pukul 8:49 pm

    saya mau buka warnet jg nie mas
    rencana kecil2an pasang sekitar 5 PC
    pake telkomsel flash kira2 bisa ga ya
    tolong infonya
    thank infonya

    jericho said:
    9 November 2007 pukul 12:30 pm

    ass. mas saya mau nanya nih saya mau buka warnet
    dengan pc 15 klient .tapi saya pecah 7 untuk game 8 buat browsing ,tolong dong mas spesifikasi kompinya
    7 & 8 itu dn untuk server bagusnya spesifikasinya gmana.and truz klo say pake os sofware buat billing beli dmana yang bagus > tolong jawabannya mas

    jericho said:
    9 November 2007 pukul 12:39 pm

    oh ya mas send ke email aja jailrock10@gmail.com
    skalian tahap2 pemasangan traking cablenya

    cipto said:
    13 November 2007 pukul 4:20 pm

    trimakasih infonya, kalau saya didaerah terpencil cuman ada bts tlp gsm, solusinya gimana ya mas, asumsi biaya ,per bulan, mohon kasih solusinya , merdeka

    kadek said:
    15 November 2007 pukul 9:12 am

    klo mengelola SDM gimana??klo yg OP nakal2??

    ughy said:
    22 November 2007 pukul 11:27 am

    salut sy bcnya mas, thx atas infonya! smoga tambah sukses ke dpn y mas. sy jg mau utk m’buka warnet tahap awal ni mas, kl bisa tlg kirim by email sy ttg rumusan analisa BEP utk 5 pc lokasi di rmh sdr & billingnya, utk software billingnya bisa didpt dr mana? thx mas.

    nurtia fajrah jalil said:
    5 Desember 2007 pukul 6:33 am

    saya siswi smkn 1 maros, akan menempuh ujian kompetensi. gimana yah cara membangun warnet menggunakan fasilitas webcam dengan wireles lan berbasis susu

    nurtia fajrah jalil said:
    5 Desember 2007 pukul 6:34 am

    maaf katanya salah maksud saya berbasis linus suse

    Tami said:
    8 Desember 2007 pukul 3:51 am

    Mz aq da Tugas Kul neh,Tugas MU(Manajemen Umum) aq dan tmn2 dpt tugas u/ bikin warnet dgn dana 75.000.000 pa tu ckup? tp cm warnet bo’ngan. qt d sruh ngumpulin bhan2,perencanaan, serta harga2 u/ buat warnet,aq binggung?! mz bisa ga kasih tw aq rincian dan cara u/ membuat warnet??? jawa ya atau kirim ja k email aq yach….
    Thanks

    gusta said:
    6 Januari 2008 pukul 12:04 pm

    om tolong beri tahu saya cara mengeset IP address soalnya saya masih bingung???terus sya diminta untuk meng koordinasi sebuah warnet yang akan dibangun oleh keluarga saya…

    tolong tips dan triknya dan juga mohon bantuannya..

    kirim saja leawat email saya…

    makasih

    bowo said:
    15 Januari 2008 pukul 2:05 pm

    salam ….wah artikelnya bagus mas. gini mas. biar akses warnet speedy gwe tmbah banter piye ya mas. omong2 katanya speedy bendwith nya mau di naikian jadi 500 kbps bulan febuari ni bener ga sih mas

    azka and via said:
    8 Februari 2008 pukul 6:50 am

    congratulations…boeat nyang bikin ni artikel..pak<mas<oom(umur brapa se yg bikin ni artikel??)jadi pengen buka warnet nih,,,hahahaha..kita berdua siswa smp3candi (sidoarjo kota lumpur)yg mau lulus…doain ya spy lulussss n bisa jadi pngusaha warnet….amieeeeeeen:)

    bayoe said:
    12 Februari 2008 pukul 5:59 am

    wah thanks buanget atas infonya…aku jadi bisa jauh lebih tahu apa aj yang dibutuhin buat bangun warnet…broadband IM2 tuh bagus g???

    tieen said:
    25 Februari 2008 pukul 2:12 am

    makasih bgt infonya ttg buka warnet, kebetulan saya lagi nyari2 eh ketemu.cuma ada yang mau saya tanyakan niy, gimana proses dar awalnya mulai dari menghubungi siapa?n provider yang bagus dan cepet menurut mas apa?tlg bls ke email saya.thx

    andi said:
    16 Maret 2008 pukul 7:03 am

    Alow,,makasih neh infonya…

    tapi boleh minta info tambahan g?

    saya lokasi di bandung, tau ga saya kontak ke siapa untuk bisa buka internet?

    matur thank you mas…. :)

    patrick said:
    23 Maret 2008 pukul 5:08 am

    Thans for the advice. Saya tinggal di makassar. Rencana buat warnet di maros. Banyak yg sarankan pake speedy, stlh cr info ternyata di maros(40km dari makassar) speedy belum bisa. Bisa tolong sarannya, beserta proses dari awal mulai dari menghubungi profider dst.

    Ranran said:
    2 April 2008 pukul 6:17 pm

    Artikelnya acungin juempol deh…
    komplit dan berbobot
    terima kasih

    rahmat said:
    7 April 2008 pukul 4:28 am

    ok bro

    thanks bgt bro

    complite dh info nya

    LivaDad said:
    10 April 2008 pukul 5:37 am

    wuuah, maksih infonya komplit plit, emang gitu jadi orang nggak perlu pelit dan suka membantu n kebetulan saya mau usaha warnet, bravo….. maju terus

    aji said:
    10 April 2008 pukul 2:18 pm

    bos, minta rincian pembuatan warnet untuk 15 PC donk yang lengkap nih. rencana mau buka. sekalian rekomendasi isp nya. kan penjelasanya udah ok.. thx.

    aji said:
    10 April 2008 pukul 2:20 pm

    kirim lewat email ya bos.. makasih banget sebelumnya.

    Opi said:
    17 April 2008 pukul 11:14 am

    Terima kasih atas pelawanan nya

    Service Printer Sendiri
    http://resetprint.blogspot.com

    darwis said:
    6 Mei 2008 pukul 5:32 am

    apakah di maros

    darwis said:
    6 Mei 2008 pukul 5:52 am

    smkn 1 maros memang hebat dia sudah bisa membuat
    internet sendiri dan smkn 1 maros lebih bagus dari
    pada sekolah lain. smkn 1 maros sekarang siswa siswi lebih pandai memainkan komputer dan juga bisa memasang jaringan dimana mana dan pandai juga memperbaki komputer dan menginstalnya.dan tidak lupa juga smkn 1 maros memepunyai 3 jurusan yaitu:
    rpl.tkjdan bpl

    hasbi said:
    6 Mei 2008 pukul 6:08 am

    hai hai anak smkn 1 maros katanya kamu sudah bisa membuat warnet sendiri .bagus kalau itu.sekarang
    smkn 1 maros lebih bagus dari pada sekolah yg lain.
    saya bangga bisa sekolah di smkn 1 maros . karenah
    saya sudah bisa menserpis komputerdan menginstal komputer.

    salam buat teman teman yg lagi prakering di mtc karebosi somoga kamu dapat nilai nilai yg bagus
    dan laporannya bagus bagus.

    lestad said:
    8 Mei 2008 pukul 7:20 pm

    Artikel nya oke neh. Mas tolong aku dung, mo buka warnet dgn modal 50 jt bisa nga ? Caranya gimana ya. Tolong info nya ya mas. makaci
    Lestad_end@yahoo.co.id

    jumper said:
    27 Mei 2008 pukul 1:04 am

    bikin warnet di maros gampang-gampang susah …
    klo nak smkn1 maros dah bisa bikin warnet, hebat dunk …
    warnet na dimana ???
    by jumper

    Three said:
    28 Mei 2008 pukul 1:38 am

    tx atas info membangun Warnet krn sy ada tgs tentang mmbngn warnet. mas tlng dong spesifikasinya ( alat” yagn dibutuhkan ). Mkcsh bnyk y….

    wahyu said:
    29 Mei 2008 pukul 6:30 am

    mass, sya mo bkin mini warnet karna dananya terbatas, mohon bantuannya mengenai BEPnya (saya masih nol/ belum tau apa2)

    wahyu said:
    29 Mei 2008 pukul 6:35 am

    tolong secepatnya mas soalnya saya, proyeknya udah dket
    klo bisa saya juga mnta tlong soalnya pryek saya bertahp
    1. rental komp I (5 pc)
    2. Cetak fto (upgrade print n scan)
    3. counter pulsa
    4. rental komp II (upgrade 5 pc + 1 pc server)
    5. warnet (5 pc + 1 pc server)
    di tunggu segera tlong bngets >>>>>>>>>>>>

    ody said:
    8 Juni 2008 pukul 1:53 pm

    kalau perlu kami yang ada di daerah dibentuk asosiasi warnet seluruh indonesia, biar kita kuat dalam segi hukum. bikin warnet kok dipersulit, korupsi aja enak-enakan brour……

    aji said:
    28 Juni 2008 pukul 3:37 am

    pak minta tolong rincian lebih lengkapnya, saya berencana mau buat warnet dalam waktu dekat ini.

    kira-kira untuk 20 client berapa dana yang harus dikeluarkan?

    balesanya ditunggu. terimakasih..

    sri said:
    6 September 2008 pukul 12:02 am

    pak tolong kasih saya saran saya berencana bikin warnet tapi modal saya pas-pasan banget so ngak bisa pake yang namanya sofware legal rencananya saya mo pake linuk tapi masih ngeri karena polisi ditempat saya bukan bertindak sebagai aparat penegak hukum namun lebih ke rampok karena gila uang banget temen saya aja bikin warnet yang gede so dah l;engkap masih digerebek dan dibawa komputernya ampe habis eh pas di tebus minta jutaan dan yang lebih ngak manusiawinya sebagian perangkat komputernya habis dipereteli so gimana yah

    tina said:
    9 Oktober 2008 pukul 10:21 am

    aduh memang anda orang yang berbudi.
    Sukses untuk anda .
    Krn saya juga ingin buka usaha tsbt. Di Rumah dalam kompleks perumahan mungkin ngak yah?. Modal pas- pasan 20 jt .
    Karena pingin suatu saat bisa jadi bos untuk diri sendiri.

    widodo said:
    28 Oktober 2008 pukul 3:44 pm

    dana 10jta bisa nda?

    vita said:
    3 Desember 2008 pukul 5:18 am

    mas tolong kasi saya saran, sekarang saya lagi buka warnet, letaknya strategis dipinggir jalan raya dan dekat dengan SMP, SMA, bahkan SD dan Kampus, tapi kendalanya saingan sekarang buannyak bgt.,disini hampir ada 5 warnet cuma jaraknya berjauhan, gimana caranya ya mas agar warnet saya ini ga kalah saing??? tolong dikasi saran yah..lgsung aja krm ke pitha_15@yahoo.com. Thank’s

    Muhammad zakuan said:
    11 Desember 2008 pukul 4:21 pm

    saya mau tanya nie bozzz
    Ortu ku pengen berbisnis banget warnet……tapi jujur aza saya belum begitu mahir sola jaringan internet…….saya mau minta sarannya
    rencananya sih 10 komputer…..tolong ya kasih sarannya

    Kurno said:
    19 Desember 2008 pukul 10:38 am

    Eh…kalo pada buka warnet semua customernya siapa? ntar ga ada yang mo dateng ke warnet cuma jaga warnetnya sendiri… mas sory nich hehehe… kalo di jkt yang segitu banyak jaringan internet masih laku ga ya bikin warnet? jadi pengen bikin nih… jangan bilang yang lain mas…bisikin ke email saya ya infonya…makasih

    zefry said:
    21 Desember 2008 pukul 3:17 am

    saya mw buka warnet 7 client 1 server 6 clent, btw khusus server kalo buat sambil jalankan game berat bisa gk bro?????

    arga said:
    27 Desember 2008 pukul 2:31 am

    asyiiiiik banget tuh, gue emng lgi nyari tentng bngn WARNET so gue sukses

    devi said:
    30 Desember 2008 pukul 12:55 am

    sy disuruh bikin warnet. tapi bingung apa saja yang diperlukan dalam membuat wanet seperti modal awal, alat komponen yang dibutuh kan tolong dong dikasi saran.ke devigilang @ymail.com. Thanks….

    mudha said:
    30 Desember 2008 pukul 10:03 am

    waduhh… kalo komponen-komponen yang diperlukan banyak sekali, tapi tentunya yang pertama dan utama yakni fulusnya… :D, kemudian setelah itu perhitungan budget dan aset. selamat berjuang…

    Andri D said:
    22 Januari 2009 pukul 1:43 pm

    Gua Minta info mengenai sistem coneksi wairles, karna sekarang gua pake sppedy bolot banget … teng kyu….. cuy

    david said:
    4 Februari 2009 pukul 1:31 pm

    Penawaran kerjasama yang pada mau buka warnet KERJASAMA sama saya, saya yang sediain komputernya anda tempatnya. Berapapun komputernya saya siapin. Yang minat hubungi saya di 021-32019028 / 08129670040

    mudha: ayo.. siapa yang mau…

    Eddy said:
    8 Februari 2009 pukul 12:45 pm

    Saya mau bagi2 pengalaman nich utk buka usaha Warnet. Saya buat 10 PC Client baru (AMD) x Rp.2.000.000,- = Rp.20.000.000,- Ukt Server 1 Pentium 4 baru = Rp.3.500.000,- Kabel 1 kotak Rp.750.000,- RJ45 = Rp.75.000,- HUB nya pakai D-Link Rp.650.000,- Koneksi Pakai Speedy, modemnya Gratis dari Telkom merek SANEX. Langsung bisa jalan usaha Warnetnya, pendapatan kotor di awalnya hampir Rp.200.000,- Kemaren saya kedatangan SATPOL PP, mereka tanya Izin Usaha Warnet. Saya bingung, apa benar SATPOL PP berwenang utk itu. Mohon infonya dong utk masalah Izin Usaha Warnet, saya mau urus Izin nya tp kok sepertinya ribet banget ya… TQ…

    Ibnu Ayarie said:
    22 Maret 2009 pukul 9:46 am

    Saya juga mau tau dong mas tentang perizinan pendirian warnet?ditunggu ya mas jawabannya..ibnu_net@yahoo.com

    Hans said:
    23 Maret 2009 pukul 2:47 pm

    saya baru aja buka warnet + game online , client 12 , 1 server billing + 1 router + sewa rumah 1 th habis +/- 80 jt .
    bln pertama pemasukan +/- 6 Jtan
    Bln kedua buka +/- 10 jtan – biaya operasional +/- 7 jutaan
    Surat2 komplete , legal software , tapi sdh kena polisi dg alasan menyediakan situs porno piye/ bagaimana ini solusinya biar gak dimakan (enak banget kita usaha dg keringat) sama bapak2 berbaju ccokelat itu?

    admin: jadi gini, setelah dilihat kayaknya prasyarat warnetnya sudah lengkap, namun ada yang kurang, yaitu blokir situs2 porno2 terkenal, format harddisk (drive selain C:)warnet secara berkala, misal maksimal titip data hanya 1 minggu, setelah itu dihapus secara otomatis. Otomatis pelanggan tidak akan bisa menyimpan file yang berbahaya :) khan, karena kalo polisi datang dan menemukan file-file tersebut kan bisa jadi bukti kalo warnet bapak memang jadi sarang simpan gituan. Nah, yang paling penting kita bisa beri alasan pada pak polisi, kalo kita tidak akan mungkin bisa memblokir semua situs porno. Karena kita blokir satu situs porno, seribu situs lainnya masih bergentayangan, belum lagi banyak trik-trik menjebol situs yang diblokir yang diberikan gratis di internet. Ya, memang harus bersabar kayaknya…

    anto said:
    24 Maret 2009 pukul 9:00 pm

    habis PHK Bingung nih bosss,,,punya dana minim agar dapat hidupin keluarga,,pengin bikin warnet anggaran 35jt cukup ga yah?????tempat dah ada 2 kios depan SMK lumayan rame,yang satu dipake istri bikin kantin rencana yang satu buat bikin warnet saya,,rencana tempat lesehan Meja,kursi,kipas,dan alat2 kecil dah siap tinggal komputer dan koneksi aja,,,pertanyaan cukup ga boss dana segitu,,,

    mudha said:
    24 Maret 2009 pukul 10:28 pm

    to anto: insya Allah cukup.

    Antok said:
    25 Maret 2009 pukul 11:34 am

    Salam kenal….
    Nama saya antok, saya ingin mendirikan usaha warnet (game online) tapi masih binggung, tlg saudara yang udah senior berikan sedikit wawasanya kepada saya yang baru pemula.

    1. Untuk mendirikan warnet (game online) yang diperlukan IJIN dari mana saja?

    2. Apakah warnet masih bertahan lama 1-2 tahun,sedangkan persainganya bukan hanya dengan sesama warnet lainnya,tapi skrg udah banyak jaringan telpon seluler (TELKOMSEL,INDOSAT,DLL) yang menawarkan fasilitas ngenet dengan biaya yang murah banget.

    3. Tolong kasih tahu trik n tip’s untuk mendirikan warnet (game online) yang bisa bertahan lama dizaman skrg ini, sedangkan jaringan skrg udah sangat murah banget dan udah ngak barang yang mahal n istimewa? (free hostpot dikafe,kampus,gedung pemerintahan dll)

    4. Tolong kasih tahu perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat warnet (game online) (untuk 10 unit)

    5. Pada dasarnya apa bedanya warnet dan game online? Dan prospek kedepanya menjanjikan warnet atau game online dijaman skrg ini?

    Ditunggu balasanya di email saya ya mas antoks_1983@yahoo.co.id.
    Thank’s…………….

    Jati said:
    30 Maret 2009 pukul 7:03 pm

    Salut salut u/ mas admin artikelnya bgs bgt..
    Saya mau tnya nie mas..
    1. Taun dpn saya mau buka warnet, tp bingung apa aja yg hrs disiapkan untk awal buka warnet(mdl pinjam bank -+ 100jt),?
    2. U/ membeli software legal di indo dimana y mas?
    3. Rencna saya kn mau buka 24jam & yg jaga orla, tp saya bingung cra ngatur ganti sift nya?
    4. Cra mgetahui kmptur dipake o/ pelanggan itu bgmana ya mas krn saya juga krj dari jam 7 smpe jam 4 jd saya ga bs mengawasi operatornya?
    Mohon sgr di bls y mas lwt email saya
    terima kasih bgt
    dianjati@yahoo.com

    ronie said:
    30 Maret 2009 pukul 7:19 pm

    Salam kenal

    Mas bisa di copas ga jawaban dari saudara Antok untuk saya dan di kirim ke satriyana_ronie@yahoo.com

    Thnks

    Cepy said:
    2 April 2009 pukul 2:12 pm

    infonya lengkap bro….thx

    Cepy said:
    2 April 2009 pukul 2:17 pm

    oiya..may nanya nih..
    kalo nyari biling yang bagus dimana ?
    ane mau buka warnet cman ada modal 40jt cukup brapa unit
    n minta spc nya ke e-mail aja ya sopir_truck@yahoo.com

    jamaluddin zyiar said:
    6 April 2009 pukul 12:02 pm

    hallloo everbody…asalamu alaikum…
    saya saat ini sangat berminat membuat warnet..oh yaa alamat saya dimakassar…tepatnya dijalan ir juanda no 28…pinggir jalan raya…punya tempat model ruko dengan luas sekitar 75M2…lebar 5M dan panjang 15M…mencari partner untuk pengadaan segala kebutuhan warnet..kerjasama gitu loch…maksudnya…apabila ada yg berminat…tlg infokan saya yaa di alamat email saya..atau ke kontak person…085237825588…no rmh…0411 434487…thanks before…

    fadly.nuruddin@gmail.com said:
    19 April 2009 pukul 9:53 pm

    mas, aku punya warnet 10 client, 1 server/ups, 1kulkas, 4 kipas angin dan lampu 3 (14 watt) 1 (20) watt, tagihan listrik bonjrot boss, kena sekitar Rp. 800.000, bener boss, (Khusus warnet g ada yang lain.

    arvi said:
    24 April 2009 pukul 9:40 am

    saya jg pgn banget nih bikin warnet, tp apa daya modalpun gak ada… kira2 bisa ga ya mengajukan kredit ke bank sedangkan usahanya belum berjalan

    nonic said:
    26 April 2009 pukul 7:19 pm

    wah gila keren banget tu artikel….
    mas saya tinggal di daerah terpencil. di sini belum ada jaringan telepon. yang ada telepon GSM. jadi kalau mau bikin warnet gimana ya? terus gimana dengan rincian biayanya?
    tolong jawabanya ya mas….
    trims b4……

    monayesha said:
    25 Mei 2009 pukul 10:18 am

    yang tanya banyak pertanyaanpun sama…seputar mendirikan warnet. apa tak sebaiknya kalo jawab pertanyaan di publikasikan saja?????????? jadi bisa dibaca semua orang. aq kan juga pengen tau…..
    hihihi

    Sigit said:
    23 Juni 2009 pukul 11:29 am

    Wah sip….infonya aku suka…cukup sesuai dengan keadaan di kotaku ( Denpasar ) hanya saja perkiraan biaya sewa ruangan ( di sini dijelaskan Rp 6 juta kalau di tempatku ini 14 juta/tahun…huh…benar2 mahal.

    wawan said:
    27 Agustus 2009 pukul 11:24 pm

    ass..gi bos sy mau buka warnet tp modal sy cmn 20jt kira2 dpt kompte berapa?am spk nya ya bos ak tunggu e-mail ak wawan_britt@yahoo.co.id…….ty

    Andi Mustakim said:
    27 September 2009 pukul 6:34 pm

    Ok’ banget Bos info ny’,,,,
    oy’ sya skrng krja di warnet bru 2 bulan,,,,, warnet Lesehan, sya bingung soalnya tmpat ny’ kcil, nah sya pngen memprindah suasana ny’ gi mna y’?
    sya jg niat ny’ pngen buka Warnet,, tpi bingung awal ny’ gi mna?

    Tanto said:
    7 Oktober 2009 pukul 10:10 pm

    artikelnya dari chip ya mas

    mudha said:
    8 Oktober 2009 pukul 11:17 am

    untuk Tanto: iya. Kan ada tuh tulisan paling bawah sendiri Source : CHIP 09 2006.

    Erianto Simalango said:
    9 Oktober 2009 pukul 1:41 pm

    wah ternyata besar juga buat warnetnya ya?

    Sales Teams said:
    30 Oktober 2009 pukul 11:12 pm

    Salam,

    Artikel yang sangat membantu…

    ————————————————————————— +

    Untuk yang masih bingung tentang bagaimana dan darimana kita membangun sebuah warnet, Anda bisa kunjungi website kami di : http://bisnis-warbet.com

    ————————————————————————— +

    Regards,
    Sales-Teams

    Sales Teams said:
    30 Oktober 2009 pukul 11:13 pm

    RALAT : Ini yang benar… ( kesalahan pada URL )

    Salam,

    Artikel yang sangat membantu…

    ————————————————————————— +

    Untuk yang masih bingung tentang bagaimana dan darimana kita membangun sebuah warnet, Anda bisa kunjungi website kami di : http://bisnis-warnet.com

    ————————————————————————— +

    Regards,
    Sales-Teams

    khairul azmi said:
    19 November 2009 pukul 2:36 pm

    salam kenal aja,saya baru saja membangun warnet yg kurang lebihnya sudah berjalan 1 minggu,mohon bantuan untuk tata cara pemasaran serta manajemen,terima kasih sebelumnya. aeronet@ymail.com

    Maman said:
    22 November 2009 pukul 1:26 am

    Wah,co2k neh artikelnya,
    sya mau bka warnet,sy msh bgung soal buat jaringanya,server ke client,,
    tlng mas admin q di ajari,,
    krm ke email q ya (maman_wijaya90@ymail.com)

    Ahmad Sodiq ahrori said:
    28 Desember 2009 pukul 11:59 am

    mas tlong saya di kasih informasi ?, ni saya udah buka warnet mas cm ndak pakai proxy gt, enaknya pakai proxy sama tidak itu apa mas?, tlong jawaban di kirim ke email saya aja mas, makasih

    yasin said:
    7 Januari 2010 pukul 2:31 pm

    Thakns yaahh…. infonya

    krisna dvipayuda said:
    11 Januari 2010 pukul 7:43 pm

    tolong kirim secara mendetail ke e mail saya….informasi ini sangat penting ….trimakasuh informasinya…..saya mau buka warnet…..

    fajar said:
    15 Januari 2010 pukul 6:31 am

    Wah,co2k neh artikelnya,
    sya mau bka warnet,sy msh bgung soal buat jaringanya,server ke client,,
    tlng mas admin q di ajari,,
    krm ke email q ya (fajar43@ymail.com)

    fajar said:
    15 Januari 2010 pukul 6:39 am

    alam kenal….
    Nama saya antok, saya ingin mendirikan usaha warnet (game online) tapi masih binggung, tlg saudara yang udah senior berikan sedikit wawasanya kepada saya yang baru pemula.

    1. Untuk mendirikan warnet (game online) yang diperlukan IJIN dari mana saja?

    2. Apakah warnet masih bertahan lama 1-2 tahun,sedangkan persainganya bukan hanya dengan sesama warnet lainnya,tapi skrg udah banyak jaringan telpon seluler (TELKOMSEL,INDOSAT,DLL) yang menawarkan fasilitas ngenet dengan biaya yang murah banget.

    3. Tolong kasih tahu trik n tip’s untuk mendirikan warnet (game online) yang bisa bertahan lama dizaman skrg ini, sedangkan jaringan skrg udah sangat murah banget dan udah ngak barang yang mahal n istimewa? (free hostpot dikafe,kampus,gedung pemerintahan dll)

    4. Tolong kasih tahu perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat warnet (game online) (untuk 10 unit)

    5. Pada dasarnya apa bedanya warnet dan game online? Dan prospek kedepanya menjanjikan warnet atau game online dijaman skrg ini?

    Ditunggu balasanya di email saya ya mas antoks_1983@yahoo.co.id.
    Thank’s…………….

    fajar said:
    15 Januari 2010 pukul 6:41 am

    salam kenal….
    Nama saya antok, saya ingin mendirikan usaha warnet (game online) tapi masih binggung, tlg saudara yang udah senior berikan sedikit wawasanya kepada saya yang baru pemula.

    1. Untuk mendirikan warnet (game online) yang diperlukan IJIN dari mana saja?

    2. Apakah warnet masih bertahan lama 1-2 tahun,sedangkan persainganya bukan hanya dengan sesama warnet lainnya,tapi skrg udah banyak jaringan telpon seluler (TELKOMSEL,INDOSAT,DLL) yang menawarkan fasilitas ngenet dengan biaya yang murah banget.

    3. Tolong kasih tahu trik n tip’s untuk mendirikan warnet (game online) yang bisa bertahan lama dizaman skrg ini, sedangkan jaringan skrg udah sangat murah banget dan udah ngak barang yang mahal n istimewa? (free hostpot dikafe,kampus,gedung pemerintahan dll)

    4. Tolong kasih tahu perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat warnet (game online) (untuk 10 unit)

    5. Pada dasarnya apa bedanya warnet dan game online? Dan prospek kedepanya menjanjikan warnet atau game online dijaman skrg ini?

    Ditunggu balasanya di email saya ya mas fajar43@yaymail.com
    Thank’s…………….

    Imam Muddin said:
    6 Februari 2010 pukul 9:50 am

    Assalamualaikum..
    Makasih bro….
    sukses selalu buat kamu.

    thanks, info dari kamu sanga meyakinkan

    nopretz said:
    10 Februari 2010 pukul 8:22 am

    okelaHh kLO bgiTUU. . . .
    sukseslaHh bwT smua’a. . . .

    Rusdy said:
    11 Februari 2010 pukul 10:14 am

    Askum. . ,

    tips2′y bgus bgd. , tpi krang detaiL. . ,

    Sandro Febriyansyah said:
    4 Maret 2010 pukul 6:16 pm

    Ass….
    Salam Kenal nama saya sandro…
    saya mau nanya ni…
    saya berencana membangun usaha warnet kecil2an dengan 10 PC..
    tapi sekarang yang jadi masalahnya,tempat saya ingin membangun warnet tersebut tidak ada saluran telepon (telpon rumah)…
    jadi untuk solusi masalah penyedia layanan jaringan tersebut saya dapat menggunakan apa…..???
    Trima kasih sebelumnya,di tunggu balasannya…..

    agus said:
    24 Juni 2010 pukul 2:51 pm

    Mantab banget infonya.
    Saya mau nanya nih, rencana mau buka warnet dan game online. Rinciannya, 10 warnet dan 5 Game Online. Kira-kira dana yang dibutuhkan berapa? Terus apakah server warnet dan game online harus dipisah atau bisa jadi satu aja. kira-kira dana 70 juta cukup atau tidak. Terima kasih atas jawabannya.

    harry sinaga said:
    3 Juli 2010 pukul 9:03 pm

    saya ada rencana ingin membuat warnet game online, dengan bajat 40 juta, tolong bantu saya teman,…
    tolong buat perincian nya yang lengkap ya??
    sebelum nya saya derterima kasih…

    reza said:
    9 Juli 2010 pukul 10:35 am

    Thank’s A LoT…

    Adios…!!!

    nico said:
    16 Juli 2010 pukul 12:03 am

    mas saya berencana membuka bisnis wargame dalam waktu dekat…cuma saya msh bigung mslh presentase pemakaian dalam efektifitas waktu komputer per harinya…saya berencana buka 30 ato 40 kompi tempat cukup strategis…
    mohon dikirim ke khazerda@gmail.com..thx alot

    arie said:
    16 Juli 2010 pukul 11:14 am

    nie saya ada rencana ingin membuat warnet dengan bajat 40jt, gmn cara nya ya agar saya bisa mendirikan warnet trsebut.
    terus tolong ya mas beritahu kepda saya perincian harganya.
    saya ingin membukanya di perkampungan yang letakanya pinggir aspal, jalan linlas.
    menurut ma cocok pa ga ya??

    fendik said:
    10 Oktober 2010 pukul 1:38 am

    mas artikelny keren bngt, gni ms gwe mo mnta tlong skrang gwe lg kerja da keinginan mo dirikan WARNET jujur za gwe msih NOl dlm ushana, smntra pngen nyoba 11 unit dllu kira2 brpa y biaya yg dperlukan. Mhon dbntu. Krm via email z f3ndk_ila@yahoo.co.id. Tank’s

    IFANET Makassar said:
    15 Desember 2010 pukul 1:47 am

    Untuk informasi seputar Pendirian Warnet secara lengkap atau Pembuatan Warnet di Pedesaan termasuk Pembuatan Jaringan Bisnis RTRW-Net untuk kawasan kampus, kos-kosan atau permahan.
    Silahkan mengunjungi website kami di :

    http://www.ifanethotspot.co.cc

    Semoga bermanfaat……

    rudy said:
    25 April 2011 pukul 10:47 am

    saya tinggal d medan, mw tw paket warnet yang murah dan berkualitas. saya punya dana sktar 45 juta. tolong infonya ya mas. thanx.

    rudy said:
    25 April 2011 pukul 10:48 am

    email saya anto7x@gmail.com

    yudha said:
    30 Agustus 2011 pukul 1:52 pm

    tutorial yg seperti ini ada ga mas??
    [BUKU TUTORIAL] MEMBANGUN WARNET AUTO-MAINTENANCE SENDIRI + BONUS (limited edition)
    lagi butuh buat bikin warnet sendiri tapi maunya yg bs automatis maintenance gitu

    Arie Mulyahamza said:
    7 September 2011 pukul 11:22 pm

    infonya pencerahan ni. saya ada planning buka warnet didaerah kec riau sprtinya prospeknya bagus. tapi belum tau anggaran dan tukang sett nya,
    tolong info lebih lengkap
    ntrafolp@yahoo.com

    Ahmad Dzulhasbil Maula said:
    1 Oktober 2011 pukul 8:30 pm

    nice info gan… n_n

    Debi Setiawan said:
    10 Desember 2011 pukul 9:30 am

    thank’s gan buat infonya,,,

    Arhy Van Linux said:
    24 Januari 2012 pukul 5:31 pm

    semoga lulus skull ntar ( 2013 ) bisa bangun warnet,, amiennn
    thankz mas infonya,, kereeeennnn,,, komplitt.

    gie said:
    6 Juli 2012 pukul 5:07 pm

    saya punya tempat ruko d sukabumi bagi nyg minat buka usaha silahkan join atw ngntrak d tempat saya hub 08567029028

    adidarma said:
    20 November 2012 pukul 2:25 pm

    ane ada tempat garasi rmh ane lumayan bisa masukin 10 unit …didaerah cinere,,kawasanny rame,,,diprkampungan….kerja sama ane mau…asli cinere..

    tlp aja 085781318663…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s