Memperbaiki Harddisk Bad Sector

Posted on Updated on

harddiskHarddisk adalah media penyimpan yang sangat penting pada komputer. Sayangnya umur pemakaian yang terbatas. Kerusakan pada harddisk dapat disebabkan beberapa hal.

Misalnya :

  • Power supply yang tidak memadai dan merusak kontroller harddisk dan motor.
  • Harddisk terjatuh dan merusak mekanik didalamnya atau minimal terjadi bad sector.
  • Terlalu sering dibawa bawa tanpa pengaman membuat platter harddisk rusak karena goncangan berlebih.
  • Suhu didalam harddisk yang panas membuat kondisi harddisk dalam lingkungan tidak stabil.
  • Kondisi MTBF/umur harddisk, sudah tercapai dan akan rusak.

Hal yang masih dapat dilakukan untuk memperbaiki harddisk yang terkena bad sector adalah hanya kondisi dimana harddisk masih berputar, keadaan controller harddisk masih bekerja. Tetapi keadaan ini masih dibagi lagi, bila ingin mengunakan harddisk yang terkena bad sector.

Masalah penyebab bad sector adalah salah satu kerusakan yang sering terjadi. Kondisi kerusakan oleh bad sector dibedakan oleh 3 keadaan.
Kondisi dimana platter harddisk aus. Pada kondisi ini harddisk memang sudah tidak dapat digunakan. Semakin lama harddisk semakin rusak dan tidak berguna lagi untuk dipakai sebagai media storage.

Kondisi platter yang aus tetapi belum mencapai kondisi kritis. Kondisi ini dapat dikatakan cukup stabil untuk harddisk. Kemungkinan harddisk masih dapat diperbaiki karena platter masih mungkin dilow level.

Kondisi platter yang aus, baik kondisi yang parah atau ringan tetapi kerusakan terdapat di cluster 0 (lokasi dimana informasi partisi harddisk disimpan). Kondisi ini tidak memungkinkan harddisk diperbaiki.

Membicarakan keadaan harddisk untuk diperbaiki hanya memungkinkan perbaikan pada kondisi ke 2, dimana permukaan harddisk masih stabil tetapi terdapat kerusakan ringan di beberapa tempat.

Tujuan

Upaya untuk mengunakan harddisk yang terdapat bad sector
Men-eliminasi lokasi kerusakan pada bad sector.

Tahapan 1

Sebelum melakukan tahapan selanjutnya sebaiknya mengunakan tahapan 1 untuk memastikan kondisi platter harddisk yang rusak. Untuk mengetahui hal ini harddisk harus dilakukan LOW LEVEL FORMAT (LLF). LLF dapat dilakukan dari BIOS atau Software. Untuk BIOS, beberapa PC lama seperti generasi 486 atau Pentium (586) memiliki option LLF. Atau dapat mengunakan software LLF. Untuk mendapatkan software LLF dapat diambil di Site pembuat harddisk. Atau mencari utiliti file seperti hddutil.exe (dari Maxtor – MaxLLF.exe) dan wipe.exe versi 1.0c 05/02/96.

Fungsi dari software LLF adalah menghapus seluruh informasi baik partisi, data didalam harddisk serta informasi bad sector. Software ini juga berguna untuk memperbaiki kesalahan pembuatan partisi pada FAT 32 dari Windows Fdisk.

Setelah menjalankan program LLF, maka harddisk akan benar-benar bersih seperti kondisi pertama kali digunakan.

Peringatan : Pemakaian LLF software akan menghapus seluruh data didalam harddisk

Tahapan 2

Proses selanjutnya adalah dengan metode try dan error. Tahapan untuk sesi ini adalah :

  1. Membuat partisi harddisk : Dengan program FDISK dengan 1 partisi saja, baik primary atau extended partisi. Untuk primary dapat dilakukan dengan single harddisk , tetapi bila menghendaki harddisk sebagai extended, diperlukan sebuah harddisk sebagai proses boot dan telah memiliki primary partisi (partisi untuk melakukan booting).
  2. Format harddisk : Dengan FORMAT C: /C. Penambahan perintah /C untuk menjalankan pilihan pemeriksaan bila terjadi bad sector. Selama proses format periksa pada persentasi berapa kerusakan harddisk. Hal ini terlihat pada gambar dibawah ini.
  3. Buat partisi kembali : Dengan FDISK, buang seluruh partisi didalam harddisk sebelumnya, dan buat kembali partisi sesuai catatan kerusakan yang terjadi. Asumsi pada gambar bawah adalah pembuatan partisi dengan Primary dan Extended partisi. Pada Primary partisi tidak terlihat dan hanya ditunjukan partisi extended. Pembagian pada gambar dibawah ini adalah pada drive D dan F (22MB dan 12 MB) dibuang karena terdapat bad sector. Sedangkan pada E dan G ( 758MB dan 81MB) adalah sebagai drive yang masih dalam kondisi baik dan dapat digunakan.
  4. Untuk memastikan apa bad sector sudah terletak pada partisi harddisk yang akan dibuang, lakukan format pada seluruh letter drive dengan perintah FORMAT /C. Bila bad sector memang terdapat pada partisi yang dibuang (asumsi pada pengujian bad sector terletak pada letter drive D dan F), maka partisi tersebut dapat langsung dibuang. Tetapi bila terjadi kesalahan, misalnya kerusakan bad sector tidak didalam partisi yang akan dibuang melainkan terdapat pada partisi yang akan digunakan, anda harus mengulangi kembali proses dari awal dengan membuang partisi dimana terdapat kesalahan dalam membagi partisi yang terkena bad sector. Hal yang perlu diingat : Pembuatan partisi dilakukan dari awal ke akhir, misalnya C, D, E dan selanjutnya. Untuk membuang partisi mengunakan cara sebaliknya yaitu dari Z ke C. Kesalahan dalam membuang dan membuat partisi yang acak acakan akan mengacaukan sistem partisi harddisk.
  5. Proses selanjutnya adalah membuang partisi yang tidak digunakan lagi. Setelah melakukan pemeriksaan dengan program FORMAT, maka pada proses selanjutnya adalah membuang partisi yang mengandung bad sector. Pada gambar dibawah ini adalah: Tahap membuang 2 partisi dengan FDISK untuk letter drive D dan E. Untuk E dan G adalah partisi letter drive yang akan digunakan.
  6. Pada akhir tahapan anda dapat memeriksa kembali partisi harddisk dengan option 4 (Display partitisi) pada program FDISK, contoh pada gambar dibawah ini adalah tersisa 3 drive : C sebagai primary partisi (tidak terlihat), 2 extended partisi yang masih baik dan partisi yang mengandung bad sector telah dihapus.
  7. Akhir proses. Anda memiliki harddisk dengan kondisi yang telah diperbaiki karena bad sector. Letter drive dibagi atas C sebagai Primary partisi dan digunakan sebagai boot, D (758MB) dan E (81MB) adalah partisi ke 2 dan ke 3 pada extended partisi.

Ketika program FORMAT menampilkan Trying to recover allocation unit xxxxxx, artinya program sedang memeriksa kondisi dimana harddisk tersebut terjadi bad sector. Asumsi pada pengujian dibawah ini adalah dengan Harddisk Seagate 1.2 GB dengan 2 lokasi kerusakan kecil dan perkiraan angka persentasi ditunjukan oleh program FORMAT :Kondisi Display pada program Format persentasi yang dapat digunakan

  • Baik 0-20% 20%
  • Bad sector 21% Dibuang
  • Baik 22-89% 67%
  • Bad sector 91% Dibuang
  • Baik 91-100% 9%

Bila anda cukup ngotot untuk memperbaiki bad sector anda, dapat juga dilakukan dengan try-error dengan mengulangi pencarian lokasi bad sector pada harddisk secara tahapan yang lebih kecil, misalnya membuat banyak partisi untuk memperkecil kemungkinan terbuangnya space pada partisi yang akan dibuang. Semakin ngotot untuk mencari kerusakan pada tempat dimana terjadi bad sector semakin baik, hanya cara ini akan memerlukan waktu lebih lama walaupun hasilnya memang cukup memuaskan dengan memperkecil lokasi dimana kerusakan harddisk terjadi.

Bila anda belum puas dengan hasil mencari bad sector, maka anda dapat mengulangi prosesur diatas. Untuk melakukan Tips ini sebaiknya sudah mengetahui prosedur dalam membuat partisi dengan program FDISK.

Yang perlu dicatat pada tip ini adalah, berhati-hati pada pemakaian program LLF. Sebaiknya mengunakan single drive untuk mengunakan program ini. Kesalahan melakukan LOW LEVEL FORMAT pada harddisk sangat fatal dan tidak dapat dikembalikin seperti kondisi semula.

Untuk harddisk yang terkena BAD SECTOR sebaiknya mengunakan harddisk yang kondisinya belum terlalu parah atau bad sector terdapat di beberapa tempat dan tidak sporadis tersebar. Kerusakan pada banyak tempat (sporadis bad sector) pada harddisk akan menyulitkan pencarian tempat dimana terjadi bad sector.

Artikel ini sudah dilakukan oleh LAB Busset, dan kesalahan dalam melakukan Tips ini diluar tanggung jawab Busset..

Sumber : obengware.com

116 pemikiran pada “Memperbaiki Harddisk Bad Sector

    edy berkata:
    4 Agustus 2007 pukul 9:45 pm

    untuk memperbaiki bad sector pada harddisk pentium 4 bagaimana sih caranya?
    bgmn cr menghapus virus BLUEFANTASI?

    admin:
    pada prinsipnya sama dengan cara di atas, kalo virusnya udah pake update-an 3 agustu blom?

    saipul berkata:
    16 Agustus 2007 pukul 4:25 am

    bagus bagettttttttttttttttttttttttttttttt, komplit dan tidak jlimettttttttttttt. and kasih tips donk untuk memprotek komp. dengan cara merubah *.exe menjadi readonly sory bahasanya agak campuran cz baru aja mengenal dunia komp.

    saipul berkata:
    16 Agustus 2007 pukul 4:27 am

    satu lagi, kasih donk up-date kaspersky yang terbaru!!!!

    wijdan berkata:
    18 Agustus 2007 pukul 4:40 am

    Mas, keyboardku aneh.
    Lampu indikator Num Lock, CapsLock, dan Scroll Lock
    pas booting langsung nyala, trus gak bisa msuk window.

    ada tulisan, error keyboar or keyboarno presnte
    kenapa ya?
    gmn cara nyembuhinnya lagi?

    Wijdan
    Cilacap

    edy berkata:
    24 Agustus 2007 pukul 7:38 am

    mas q mau tanya gimana cara menamplan icon koneksi
    yg hilang begitu saja?
    soalnya kan udah q repair tapi juga gak bisa
    balas mas lewat email q?

    Mamed's berkata:
    27 Agustus 2007 pukul 3:51 pm

    tolonk dunk…
    Cara mengatasi virus Steroid_28….
    cepetan ya….!!
    kirim ke email gw….
    pls…

    siwa berkata:
    28 Agustus 2007 pukul 11:53 am

    mas saya mau tanya bagaimana cara membuang virus yang terdeteksi, aku pake anti virus avg mohon batuannya ya mas, makasih

    admin:
    jika sudah terdeteksi maka AVG akan otomatis meng-clean ato men-delete kalo tidak bisa maka di”karantina”. Lihat pada folder karantina pada program file AVG dan hapus aja jika tidak memerlukannya lagi.

    ciprut berkata:
    19 September 2007 pukul 12:34 pm

    mas sebelumnya saya minta maaf telah menggangu kegiatan sampeyan

    mas saya minta tolong gimana caranya memperbaiki hard disk. di bios hdd detect tapi pada waktu di format hardisk tidak terbaca.
    meskipun di cek melalui DOS dan di fdisk tetap gk terbaca

    mohon bantuannya solusinya.
    thanks

    Mohammad berkata:
    25 September 2007 pukul 4:00 pm

    bagaimana cara untuk memperbaiki harddisk yang ngk mau dibaca dibios

    admin:
    kalo kemungkinan masih bisa harddisk-nya, coba tolong diperiksa jumpernya. Set jumper pada slot master.

    iwan berkata:
    9 Oktober 2007 pukul 2:58 am

    harddisk gw rusak gak bisa di fdisk…gak bisa diformat..
    ada saran gak nih ….

    wawan berkata:
    21 Oktober 2007 pukul 10:27 pm

    kalo yang kena fat- nya gimana caranya? apa juga di LLF

    keren abiZ berkata:
    11 Desember 2007 pukul 2:54 am

    mas Kalau hardisk wa seh mokD total katanya seh ada yang corat caret di sektor 0 nya gimana neh mas katanya seh ada program yang bisa buat nyembuhin nya tapi g tau namanya juga misterius bisa minta saran mas :D

    Ferdy.R berkata:
    13 Desember 2007 pukul 12:32 pm

    Pak,,saya minta tolong nc…Gimana yc caranya hilang’en bad sector pada harddisk saya..Kalau tdk bisa di hilang’en,gimana caranya agar pada bagian bad sector’y tdk dibaca lagi oleh OS..Kalau ada programnya,sekalian kirim’en alamat downloadnya yc,kalau bisa yang free aza . . .
    Mohon di krm ke alamat email ku yc mah..,plz . . .
    Thank’s…

    bajoel_32 berkata:
    29 Desember 2007 pukul 7:29 am

    thanks ya atas saRAnya brow…

    NOer berkata:
    7 Januari 2008 pukul 9:07 am

    boz…haridsku g bisa diformat,,padahal dibiosnya detect ko’..partisinya udah aq hapus,,,
    gimana nich…bingung..dipartisi lagi bisa tapi kalau mo diinstal windows dia g mau…malah hang.???
    tolonging aq donk….thk…

    ines berkata:
    1 Februari 2008 pukul 3:32 pm

    cara bagaima perbaiki hard yg tidak detect

    Al-alalbani berkata:
    4 Februari 2008 pukul 4:51 am

    Assalammualaikum
    Pak saya minta tolong.jelaskan tentang Lima kerusakan pada moteherboard.tolong ya pak.balas pada e-mail saya

    Al-alalbani berkata:
    4 Februari 2008 pukul 4:55 am

    bang saya minta tong juga tolong cariini juga kerusakan pada power supply.minimal lima bang.

    dimsik berkata:
    18 Februari 2008 pukul 11:38 pm

    mas minta tolong gimana cara format hard disk lewat partisi magig,.,

    zainul berkata:
    12 Maret 2008 pukul 9:00 am

    hard saya segeta ngak bisa baca parsiti yang d ma e tapi c kebaca dan c udah aku hapus gimana cari data yang ada di d ama e karena datany banyak

    tolong ya solusinya

    adjie berkata:
    14 Maret 2008 pukul 2:55 am

    Mas mau nanya nich, saya menggunakan partition magic untuk membuat 3 partisi pada hardisk 40 GB, setelah partisi dibuat komputer saya restar malah terjadi error disk pada komputer saya, apakah hardisk saya masih bisa diperbaiki?gimana dan pakai software apa? karena saya sudah berbagai softwware recovery tapi belum berhasil. terima kasih sebelumnya

    doez berkata:
    30 Maret 2008 pukul 8:04 am

    thank’s

    maurin berkata:
    20 April 2008 pukul 5:29 pm

    mas hardisk saya 40 gb, tapi ketika diinstall sistem operasi ko g’ bisa……
    diinstall bisa tapi setelah slesai mau dijalankanlangsung restart…intinya g’ bisa masuk sistem operasi…..
    kira-kira kenapa mas…..
    tanks sblmnya

    riQ berkata:
    27 Mei 2008 pukul 6:28 am

    maaf numpang nambah comment ya..
    btw kayaknya saya bth konsultasi lbh banyak sama ahlinya…
    i hope help from u..trimakasih

    tr33 berkata:
    29 Mei 2008 pukul 4:21 am

    thank’s….

    ferly berkata:
    3 Agustus 2008 pukul 4:28 pm

    bisa berikan solusi untuk harddisk yang mainboardnya (rangkaian elektroniknya) rusak??? ada tidak yang jual mainboardnya aja???

    Pak yus oemega berkata:
    17 Agustus 2008 pukul 9:13 am

    sekarang udah banyak software tuk perbaiki badsector di hardist seperti HDD regenerotor,..coba aja…ato Hub :
    sone_computer@yahoo.com

    david berkata:
    29 Agustus 2008 pukul 8:30 am

    gimana cara mengatasi power supply lemah atau mati tolong kirimkan lewat e-mail saya ini arema_jatim21@yahoo.co.id

    ian berkata:
    20 September 2008 pukul 4:19 pm

    mas saya mau nanya ni! komputer saya tiba2 tidak bisa dipakai lagi sebabnya adalah sewaktu dihidupkan hanya muncul layar hitam saja, Bios motherboard tidak muncul, lampu led harrdisk hidup terus tanpa berkedip2,
    Kerusakan ini diawali sewaktu saya menghidupkan komputer dan berjalan normal lama kelamaan muncul pesan ” your USB not recognize”, setelah itu komputer Hang. Kemudian saya restart dan berjalan normal lagi seperti biasanya. agak beberapa menit kemudian muncul pesan itu lagi ” your USB not recognize”, lalu direstart dan kemudian muncul layar hitam saja.
    Sudah saya coba test VGA, memory dan monitor dit4 tidak terjadi masalah. terkecuali hardisk tidak terbaca
    Apa solusi masalah ini, soalnya jika hardisk rusak masih muncul Bios, tapi sekarang tidak
    Tolong dong mas,mbak atau siapa saja??

    Zaidan berkata:
    10 Oktober 2008 pukul 1:31 am

    Mas minta link untuk download hddutil.exe nya donk, saya dah masuk ke pembuatnya tapi ngak ada versi trialnya yach…
    Kalo boleh link ke email saya yach zaidan.cool@gmail.com
    thanksss

    Ngadi berkata:
    28 Oktober 2008 pukul 12:27 pm

    met malam mas, aku punya masalah dengan hardisku, hardisk laptop merknya hitachi. data yang di hardisk hilang semua, setelah aku recovery pakai gatdataback ternyata banyak bad sectornya? akhirnya casing hardik aku buka, aku liat isi dalamnya. trus ku pasang lagi. ternyata yang terjadi hardisk gk bisa di baca lagi sm bios. gimana solusinya mas? supaya hardisk dapat terbaca lagi data tidak hilang. tolong pencerahannya ? plzzzzz
    balas ke email saya. thanks

    joe berkata:
    21 November 2008 pukul 7:28 am

    mas aku punya hardisk 20 gb seagete. waktu aku di bios hardis bisa kedetek,
    tapi kenapa aku mau instal windows selalu ada komentar hardisk tidak ada/tidak kedetek. trus aku coba gandeng dengan beberapa hardis lain selalu tidak kedetek. gimana caranya biar aku bisa ambil data atau detek hardis, kalau pakai software apa nama softwarenya . tolong bantuin ya mas

    azizi berkata:
    2 Februari 2009 pukul 9:52 am

    mas aku mo tanya kok komputer aku gak bisa ngesave atau ngubah settingan
    klo aku ngesave pass komputer dihidupkan kembali savean n settinganku hilang
    masalahnya dimana ya mas
    tolong kasih tau cara memperbaikinya klo bisa secepetnya

    kirim aja di

    email : me.lawliet@gmail.com

    munjir berkata:
    5 Februari 2009 pukul 1:28 pm

    kekurangan dari softwere ini dimana ja?
    o…ya hardisk saya gak bisa jalan gi akibat bad sector
    solusi yang terbaik gamana saya ingin penjelasan sedikit untuk itu, saya sangat berterimakasih atas penjelasannya…

    Admin: solusinya di-low format. Kalo masih bad sector, mungkin mending ganti aja….hee..hee..

    h3rry berkata:
    16 Februari 2009 pukul 4:30 pm

    mas saya mau tanya nie ? saya kan punya hardisk maxtor 40GB, dan hardisk saya nie mengalami masalah yang saya tidak tahu .., maklumlah newbieee….. gini hardisk saya nie kok bunyi ya tut….tut…..tut…. terus-terusan dan gak ke ditek(hardisk fail)…, btw itu masalahnya apa ya ? MOHON PENCERAhaNya…..,

    y kalo bisa kirim ke email motoplus_06@yahoo.co.id

    ruli berkata:
    24 Februari 2009 pukul 10:51 pm

    Saya Ruli, tinggal di Serpong 38 tahun, karyawan salah satu Bank Swasta di Jakarta Barat. Diawal Februari 2008 lalu saya pernah menemukan masalah. Sore hari, laptop Toshiba saya tiba-tiba hang. Seperti biasanya saya segera matikan lantas saya restart ulang. Biasanya mau lagi berjalan normal. Tetapi sekarang ini sepertinya lain, hanya tampilan ‘blue screen’ dengan tulisan aneh, dan saya pun tidak tahu artinya. Lantas saya copot hardisknya untuk di-copy ke PC, dengan memakai external case SATA, saya colokkan beberapaka kali ke PC dan Laptop. Ternyata hasilnya sama saja & ada bunyi kletak-kletek. Takut ada apa-apa, saya tidak berani otak-atik lagi.Atau menuruti semua tips dari internet. Karena semua tips itu belum pasti alias belum ada jaminan data-data saya pasti akan selamat! Mungkin saja kondisi hardisk justru makin parah!

    Dari pada ambil resiko. Akhirnya saya coba membawa ke tempat yang lebih professional dan dipercaya, yaitu layanan recovery data di daerah Harco Exlektonik Mangga 2. Seperti biasa, saya menunggu beberapa hari. Tetapi saya sempat kaget, ternyata mereka telah gagal menyelamatkan data saya dengan alasan bahwa kerusakan pada piringan hardisk saya sudah parah, katanya banyak tergores. Saya pun mengambil harddisk SATA Seagate Momentus saya dan mencoba merecover lagi ke tempat lain. Ternyata sama.Mereka gagal. Beberapa tempat saya coba, sama saya terakhir saya coba lagi antar ke daerah bilangan Jl.Setia Budi Sudirman. Ternyata hasilnya sama saja. Padahal mereka mengaku-ngaku yang terbaik di Jakarta.

    Entahlah saya hampir putus asa. Saya bingung sekali harus kemana lagi saya antar harddisk saya agar dapat diselamatkan data – data penting di dalamnya. Saya juga hampir putus asa. Akhirnya saya coba mencari di Internet, di salah satu iklan gratis tampa daftar, saya menemukan Everesta Media situsnya http://www.everezta.com dan saya coba telpon dulu. Mereka meminta saya diminta mengantar harddisknya ke tempat mereka di daerah Lenteng Agung. Akan tetapi kalau diambil oleh mereka , akan dikenakan biaya, yaitu untuk biaya pengecekan dan transportasi, yaitu sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah. Dari pada repot – repot pikir saya, karena juga saya juga agak sibuk waktu itu. Saya meminta mereka segera datang mengambil ke alamat kantor saya. Saya pun harus sabar lagi menunggu jawaban dari pihak mereka.

    Keesokan harinya saya ditelpon pihak mereka / Everesta Media, walau sempat tidak percaya. Mereka menelpon kepada saya, kalau harddisk SATA saya dapat diselamatkan mereka, katanya keberhasilan minimal 80% bukan 100% lagi dan waktunya agak lama minimal satu minggu, alasannya bahwa kerusakan harddisk saya sudah sangat parah secara fisik (katanya tidak terdetek BIOS dan banyak sekali BAD SECTOR) untung saja belum dibongkar mangkoknya. Mereka langsung saja mengajukan biaya sebesar 5 juta rupiah yang cukup mengejutkan saya. Alangkah kagetnya saya, mahal sekali padahal tidak seperti di tempat – tempat lain jauh lebih murah! Karena mahalnya saya bingung sekali sempat saya mau membatalkan. Saya juga coba tawar harganya. Tetap saja mereka tidak mau agar biayanya lebih murah, dengan alas an kerusakannya sangat berat : bunyi “knocking down” ; kadang-kadang minta F1 dengan pesan secondary/primary disk failure”. Kalau kasus standar dan belum diutak-atik dengan cara apapun. Akan jauh lebih murah, yaitu cuma Rp. 350.000,- sampai 1,5 juta rupiah. Karena terpaksa. Pikir saya, harus kemana lagi saya coba merecover data – data penting saya dengan harga jauh lebih murah, sementara nyaris semua, sebagaian besar mereka telah menyerah tak sanggup/ gagal. Akhirnaya mau-tak mau, saya harus menyetujui untuk membawar 5 juta rupiah, asalkan data-data saya benar – benar telah berhasil diselamatkan.

    Setelah menunggu kurang lebih seminggu, akhirnya mereka (pihak Everesta Media), menelpon lagi kepada saya, memberitahu sudah selesai data saya diselamatkan, diminta saya membuka e-mail saya, karena laporan datanya sudah dikirim. Segera saya cek e-mail saya, ternyata benar data saya sudah ada semua. Kesesokan harinya, mereka akan antar data-datanya ke kantor saya siang hari. Diminta juga, saya segera menyiapkan pembayarannya secara tunai 5 juta rupiah. Saya tidak mau rugi, saya harus cek lagi lebih detail apakah benar – benar data saya sudah ada. Saya mencoba mengingat satu – persatu data – data penting saya awalu sebagian besar saya sudah tak ingat lagi satu persatu. Ternyata benar, mereka telah berhasil menyelamatkan data-data saya. Tak terkecuali photo-photo anak saya waktu lahir. Hebat juga Everesta Media, walaupun biaya recovery datanya cukup mahal tidak seperti di tempat-tempat lain yang pernah saya tanya. Walaupun begitu, sebenarnya saya cukup puas dengan harga 5 juta rupiah, karena pihak Everesta Media berhasil menyelamatkan data-data penting saya bahkan yang sudah dihapus sekalipun. Sementara di tempat lain sudah gagal / menyerah. Ruli; Mohon maaf lagi ya , bukan bermaksud untuk membuat yang lain marah atau tersinggung, hanya sekedar tukar pengalaman semoga berguna. Terima Kasih.Serpong (29-2).

    lukman berkata:
    26 Februari 2009 pukul 11:31 am

    trims banget

    ruli berkata:
    26 Februari 2009 pukul 12:33 pm

    Saya hanyalah karyawan salah satu Bank Swasta di Jakarta Barat. Diawal Februari 2008 lalu saya pernah menemukan masalah. Sore hari, laptop Toshiba saya tiba-tiba hang. Seperti biasanya saya segera matikan lantas saya restart ulang. Biasanya mau lagi berjalan normal. Tetapi sekarang ini sepertinya lain, hanya tampilan ‘blue screen’ dengan tulisan aneh, dan saya pun tidak tahu artinya. Lantas saya copot hardisknya untuk di-copy ke PC, dengan memakai external case SATA, saya colokkan beberapaka kali ke PC dan Laptop. Ternyata hasilnya sama saja & ada bunyi kletak-kletek. Takut ada apa-apa, saya tidak berani otak-atik lagi.Atau menuruti semua tips dari internet. Karena semua tips itu belum pasti alias belum ada jaminan data-data saya pasti akan selamat! Mungkin saja kondisi hardisk justru makin parah atau tidak dapat diselamatkan lagi!

    Dari pada ambil resiko. Akhirnya saya coba membawa ke tempat yang lebih professional dan dipercaya, yaitu layanan recovery data di daerah Harco Elektonik Mangga 2. Seperti biasa, saya menunggu beberapa hari. Tetapi saya sempat kaget, ternyata mereka telah gagal menyelamatkan data saya dengan alasan bahwa kerusakan pada piringan hardisk saya sudah parah dan datanya banyak yang rusak, katanya disknya juga banyak tergores. Saya pun mengambil harddisk SATA Seagate Momentus saya dan mencoba merecover lagi ke tempat lain. Ternyata sama.Mereka gagal. Beberapa tempat saya coba, sama saya terakhir saya coba lagi antar ke daerah bilangan Jl.Setia Budi Sudirman. Ternyata hasilnya sama saja. Padahal mereka mengaku-ngaku yang terbaik di Jakarta.

    Entahlah saya hampir putus asa. Saya bingung sekali harus kemana lagi saya antar harddisk saya agar dapat diselamatkan data – data penting di dalamnya. Saya juga hampir putus asa. Akhirnya saya coba mencari di Internet, di salah satu iklan gratis tampa daftar, saya menemukan Everesta Media yang situsnya http://www.everezta.com dan saya coba telpon dulu. Mereka meminta saya diminta mengantar harddisknya ke tempat mereka di daerah Lenteng Agung. Akan tetapi kalau diambil oleh mereka , akan dikenakan biaya, yaitu untuk biaya pengecekan dan transportasi, yaitu sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah. Dari pada repot – repot pikir saya, karena juga saya juga agak sibuk waktu itu. Saya meminta mereka segera datang mengambil ke alamat kantor saya. Saya pun harus sabar lagi menunggu jawaban dari pihak mereka.

    Keesokan harinya saya ditelpon pihak mereka / Everesta Media, walau sempat tidak percaya. Mereka menelpon kepada saya, kalau harddisk SATA saya dapat diselamatkan mereka, katanya keberhasilan minimal 80% bukan 100% lagi dan waktunya agak lama minimal satu minggu, alasannya bahwa kerusakan harddisk saya sudah sangat parah secara fisik (katanya tidak terdetek BIOS dan banyak sekali BAD SECTOR) untung saja belum dibongkar mangkoknya. Mereka langsung saja mengajukan biaya sebesar 5 juta rupiah yang cukup mengejutkan saya. Alangkah kagetnya saya, mahal sekali padahal tidak seperti di tempat – tempat lain jauh lebih murah! Karena mahalnya saya bingung sekali sempat saya mau membatalkan. Saya juga coba tawar harganya. Tetap saja mereka tidak mau agar biayanya lebih murah, dengan alas an kerusakannya sangat berat : bunyi “knocking down” ; kadang-kadang/sering minta F1 dengan pesan secondary/primary disk failure”. Katanya, kalau kasus standar dan belum pernah dibongkar dan diutak-atik dengan cara apapun. Akan jauh lebih murah, yaitu cuma Rp. 350.000,- sampai 1,5 juta rupiah. Karena terpaksa. Pikir saya, harus kemana lagi saya coba merecover data – data penting saya dengan harga jauh lebih murah, sementara nyaris semua, sebagaian besar mereka telah menyerah tak sanggup/ gagal. Akhirnaya mau-tak mau, saya harus menyetujui untuk membawar 5 juta rupiah, asalkan data-data saya benar – benar telah berhasil diselamatkan.

    Setelah menunggu kurang lebih seminggu, akhirnya mereka (pihak Everesta Media), menelpon lagi kepada saya, memberitahu sudah selesai data saya diselamatkan, diminta saya membuka e-mail saya, karena laporan datanya sudah dikirim. Segera saya cek e-mail saya, ternyata benar data saya sudah ada semua. Kesesokan harinya, mereka akan antar data-datanya ke kantor saya siang hari. Diminta juga, saya segera menyiapkan pembayarannya secara tunai 5 juta rupiah. Saya tidak mau rugi, saya harus cek lagi lebih detail apakah benar – benar data saya sudah ada. Saya mencoba mengingat satu – persatu data – data penting saya awalu sebagian besar saya sudah tak ingat lagi satu persatu. Ternyata benar, mereka telah berhasil menyelamatkan data-data saya. Tak terkecuali photo-photo anak saya waktu lahir. Hebat juga Everesta Media, walaupun biaya recovery datanya cukup mahal tidak seperti di tempat-tempat lain yang pernah saya tanya. Walaupun begitu, sebenarnya saya cukup puas dengan harga 5 juta rupiah, karena pihak Everesta Media berhasil menyelamatkan data-data penting saya bahkan yang sudah dihapus sekalipun. Ataukah pihak http://www.everezta.com sedang beruntung ketika itu? coba saja dulu oleh anda, baru percaya. Entahlah kenapa, sementara di tempat lain sudah gagal / menyerah. Ruli; Mohon maaf lagi ya , bukan bermaksud untuk membuat yang lain marah atau tersinggung, hanya sekedar tukar pengalaman semoga berguna. Terima Kasih.Serpong (29-2).

    danu berkata:
    26 Februari 2009 pukul 7:57 pm

    Good ……. Good ……….. Good …………….
    Info yang mak nyus …..
    http://www.datarecoverydownload.blogspot.com

    hardianto berkata:
    28 Februari 2009 pukul 2:39 pm

    mas..

    apa program untuk memperbaiki hardisk yg rusak…yg di atas itu aku kurang faham, lo yg program yg lebih mudah kasih thu dung

    makasih ya

    krm ke email aku

    hudan berkata:
    11 Maret 2009 pukul 7:07 pm

    saya punya masalah dengan hardisk. hardisk saya samsung 20 GB, yang saya gunakan sebagai data client warnet saya..2 hardisk saya yang merknya sama2 samsung 20 gb hmpir bersamaan error, dua2nya gak bisa diformat walaupun lewat fdisk dan gk bisa menghapus partisi non dos partition, dan ketika akan di format sambil install XP profesional juga gk selesai format…tolong dung yang punya solusi bagi-bagi…warnetnya tersendat nih.

    Hairuddin berkata:
    4 April 2009 pukul 12:52 pm

    bisa ga hardisk bad sector dipulihkan datanya?

    An2ng berkata:
    26 April 2009 pukul 9:25 pm

    ada masalah bos HD Saya namanya pakdhe seagate 80 gb, tiba2 pas saya mau copy data dari D ke C eeeeee kok malah minta format dan kesalnya lagi isinya 0 bite…….. padahal tu data buanyak banget tlg gimana ya bos.?????????
    bantu yoooooooo>>>><<<<???????????

    makasih ya

    Ary Saputra berkata:
    20 Mei 2009 pukul 6:07 pm

    bagaimana cara membackup data dgn cara cloning??

    Musik -Antarblog- berkata:
    19 Juli 2009 pukul 3:52 pm

    partisi drive E ku setelah listrik mati.. buka di explore.. gag bisa.. katanya lum di format.. bareng mw di format dari windows.. eh gag bisa..

    di format lewat bootable XP.. del partition trus buat baru lagi.. masuk windows… tetep gag mw..

    kira2 kenapa y mas…?

    padhal partisi c dan d beres loh…

    mampir y http://musik.antarblog.com/

    rizan berkata:
    13 Agustus 2009 pukul 11:11 pm

    makasih infonya bung……

    pusing nich,harddisk ku kena bad sector,,,,,,,

    Aditya berkata:
    22 Agustus 2009 pukul 6:17 am

    bakal ngurangin kapasitas hardisk ga mas?

    Achmed SA berkata:
    26 Agustus 2009 pukul 8:02 am

    Bang Q lg kesulitan masalah Hdd, masalahnya Hdd banyak sekali yg ngga’ kepakai karna badsector, tdk kedetek dibios, kedetek dibios tp disystem win tdk keluar/kebaca. truz solusi yg baik tuk mengatasi hal tersebut tu gimn BANG………..

    Truz klo mempartisi Hdd dgn memakai software partition magic tu bagus apa nggga’

    devi berkata:
    13 September 2009 pukul 12:30 pm

    yupp numpang nanya nich gue punya hardisk 8 unit semuanya blank kenapa yck ga nyala semua gimana cara servicenya n minta softwarenya,thanks

    hafid berkata:
    25 September 2009 pukul 2:51 pm

    bang hardisk kene bad sector…..
    ceritanya gini…..
    kalo di drive c: di instal aplikasi lebih dari 5 gb lang sung restart habis itu masuk windows trus lum selesei windows nya ……
    langsung restart lahi… panya ya bang….?
    mohon bantuanya!!!!!!
    makasih banyak….

    Dedy berkata:
    8 Oktober 2009 pukul 3:53 am

    gimaa cara mengatasi hardisk yang bunyi dan apa yang menyebabkannya?

    Lick berkata:
    27 November 2009 pukul 5:52 am

    ikutan cuiii…

    kenapa ga pake “part.exe”

    lebih mudah di gunakan, mujarab lagi… hihihi

    filenya bisa di dapat dari OS, hasil instal partition magic (ambil di program filenya)

    1. booting dos
    2. jalanin part.exe nya

    semoga bermanfaat

    opik berkata:
    28 November 2009 pukul 6:53 pm

    Untuk memperbaiki harddisk cobalah pake software HDD Regenerator (Running on DOS Mode). Coba download Hiren Boot CD ada banyak tool untuk hardware disana sekitar 76MB.

    berkat berkata:
    15 Desember 2009 pukul 1:50 am

    gimana cara mengatasi laptop yang tidak dapat masuk bios??
    jika di coba masuk bios maka loading trus,, begitu juga so nya..
    tetapi jika hardisknya di lepas maka masuk ke bios dapt dilakukan…
    apakah hardisk rusak??
    apakah dapat diperbaiki??

    Rudi berkata:
    24 Januari 2010 pukul 10:18 pm

    Help me please

    Harddisk saya ada problem nieh mas, masalahnya begini..tiba2 mati lampu jadi kompi mati deh..trus pas
    dinyalain lagi eh..tdk mau masuk windows..
    hdd ada dua partisi, partisi C dan D, pasa saya gandeng dengan pc yang lain
    muncul kedua partisi tersebut, partisi C; saya buka semua folder masih mau terbuka
    giliran yang di partisi D; setiap saya klik selalu minta di format mas…pada hal data semua
    ada di partisi D; gimana caranya iya mas..help me..
    Tolong solusinya karena banyak sekali data penting di dalamnya
    Trims
    Rudi
    klu bisa kirim ke My Email: pure2man@yahoo.com

    Ade Kh berkata:
    29 Januari 2010 pukul 7:25 am

    Tooloooong…

    Aku sedang memformat hardisk pake format low level, ketika format sedang berjalan tiba-tiba listrik mati.
    setelahg itu saya coba lagi untuk memformat di windows. tapi hardisk yang tadi tuh sama sekali tidak terdeteksi di bios maupun windows.
    tolong solusinya.
    terimakasih.

    ade – cikajang – Garut

    Klu bisa kirim ke Email : khaer_1079@yahoo.com

    ocoL berkata:
    21 Februari 2010 pukul 2:08 am

    mas, hd external sy ada 3 partisi, 2 nya msh oke tp 1nya terbaca tp lgsg meminta diformat, bgmn mas ?? pdhl byk file2 penting di dlmnya, bgmn spya bisa terbaca dgn normal lg ??
    trm ksh mas,….

    aguz ristiawan berkata:
    1 Maret 2010 pukul 3:11 pm

    ..Mas, mw naNya nech , ,
    ,.knPa pwEr di PS 2 hardisk sering mati trus hDup lGe . .??
    ,.blAz ea . .!!:)

    iswanto berkata:
    17 April 2010 pukul 9:15 pm

    Q yang lebih lengkap lagi ya,,,

    pleng berkata:
    10 Mei 2010 pukul 3:28 pm

    gmna crya supaya komputer bisa di pasangi hardisk double

    endra berkata:
    11 Mei 2010 pukul 12:25 pm

    sorry…. hdd ku maxtor…. punya guebad sector…. cara’a pake maxblast gmana???? pa mulihin hdd bac sector cuma di llf duank….

    satu lagi… ada gag sih software or cara’a buat nambahin kapasitas hdd…… :D tolong dibales ke mef_endra@yahoo.co.id (email/FB)
    tyhax…..

    miq13al berkata:
    14 Mei 2010 pukul 7:56 am

    Ms mw nya, lw HDD pardtisix hilang gmn ya balikinx? mw di frmat jg gk mw tpi detec di bios

    oka berkata:
    16 Mei 2010 pukul 3:19 pm

    om.
    mao tanya ni.
    software FDISK apa aja namanya ??

    KaZoR berkata:
    31 Mei 2010 pukul 11:49 pm

    Pusing….@_@

    seluliiiii « Saiman45's Blog berkata:
    13 Juli 2010 pukul 1:01 pm

    [...] Ditulis oleh saiman45 on Juli 13, 2010 · Leave a Comment  Memperbaiki Harddisk Bad Sector [...]

    wisnu yudistira berkata:
    19 Juli 2010 pukul 1:13 pm

    assalamu’alaikum , aku butuh informasi neh tentang cara memperbaiki printer yang rusak dan perlu banget neh masalah gambar lengkap tentang printer , mohon bantuanya …… please!!!!!!

    wisnu yudistira berkata:
    19 Juli 2010 pukul 1:13 pm

    cp et yanh udah mau psgan

    wisnu yudistira berkata:
    19 Juli 2010 pukul 1:14 pm

    n ki rim langsung ok , aku tunggu loh ?

    wisnu yudistira berkata:
    19 Juli 2010 pukul 1:16 pm

    kirim ke e mail aku : yudistirapio@yahoo.co.id and facebook :yudistirapio@yahoo.co.id

    MEMPERBAIKI HARDDISK BAD SECTOR « Kutipan-kutipan menarik berkata:
    13 Agustus 2010 pukul 11:32 pm

    [...] DIKUTIP DARI [...]

    arif berkata:
    14 Agustus 2010 pukul 12:23 am

    mas aku manya gimana sih caranya server biar tidak mudah keserang virus?
    antivirus apa yang bisa membasmi virus-virus ganas ? tolong ya mas kasih solusi makasih………

    Mauldy berkata:
    19 Agustus 2010 pukul 2:46 am

    Mas.. Mau nanya nih..

    Klo Space Harddisk Laptop tiba-tiba tinggal sedikit itu kenapa?
    Padahal isinya ga banyak..

    Apa karena Bad Sector / Sering Install-Uninstall software?

    Klo emang iya, solusinya gimana?

    thanks..
    ;)

    bayu berkata:
    28 Agustus 2010 pukul 11:00 am

    Bagi teman – teman yang pernah mengalami harddisk rusak
    - no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
    - delete- hidden..dll…..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
    bisa datang ke ertech komputer.
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001
    Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
    Disini memang benar ok banget.masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
    Semoga sukses…..teman2…!!

    Jino Jiwan berkata:
    29 September 2010 pukul 5:45 pm

    Halo, AKu masang VGA 2nd ATI Rad 2600Xt, sebelumnya udah uninstal vga ge force lama. Trus VGA ATI udah jalan normal, tapi tiba2 PC shutdown ndiri. Kata temenku masalah powersupply. Kucoba hidupin lagi tapi gak mau masuk windows. Akhirnya VGA kuganti yang lama, master ge force kuinstal lagi, yang installan ATI ku remove sebagian, tapi hang pas mau remove ATI yang instalan utama.

    Akhirnya mau kuinstal ulang windows Xp SP3, udah booting normal. Tapi C nya gak bisa diformat padahal sudah mencapai 100 %.

    Ada solusi? Gimana kalau data di D saya selamatkan di komputer lain, apakah mungkin?

    weno berkata:
    14 Oktober 2010 pukul 1:59 am

    mas.,.,.,.cerita na gini aku punya hardis laptop. hardist tu memang bad sector, dah lama aku pake esokan harina q hidupin leptop hardist tu ngak baca gi .,.,. ku coba pake USB ku pindah in hardis tu kekomputer juga ngak baca,getaran hardis ni masih ber jalan.,.,.,.,.,kasisih aku solusinya donk gimana hardis ni jalan gi

    eza berkata:
    14 Oktober 2010 pukul 2:25 pm

    mas tolong kash saran donk..
    gw pnya hardisk smsung 20 gb g’ bisa diformat.
    dari fdisk g’ bisa, format hardisknya digandeng dgn kmputer lain jg g’ bisa.
    format ampe nginstall xp g’ selesai..
    pake’ LLF prtma jalan bisa lama kelamaan muncul tulisan SEEK ERROR OCCURED.
    npa tu mas tlg ksh saran..
    apa emang hardisknya g’ bisa dibenerin lagi tu..
    tlg ksh saran mas ia. ..

    darma berkata:
    3 Desember 2010 pukul 9:26 pm

    klo untuk perbaiki hardisk yang ga bisa masuk windows & bacaannya “disk read error” gmna ya cara mengatasinya?terima kasih untuk infonya & tolong di bantu untuk pemecahan masalah pada hardisk saya

    D_why berkata:
    11 Desember 2010 pukul 6:32 am

    Mas ane punya hardisk 40 gb seagete, ga kedete. Tapi ane coba masuk di bios hardis bisa kedetek,
    Dan pada waktu mau nyalain komputer loading terus ga ada abisnya , ane coba instal ulang windows selalu ada komentar hardisk tidak ada/tidak kedetek. trus ane coba jamper dengan hardis lain tetep tidak kedetek.
    Gimana caranya biar ane bisa ambil datanya atau hardismas aku punya hardisk 20 gb seagete. waktu aku di bios hardis bisa kedetek,
    tapi kenapa aku mau instal windows selalu ada komentar hardisk tidak ada/tidak kedetek. trus aku coba gandeng dengan beberapa hardis lain selalu tidak kedetek. gimana caranya biar aku bisa ambil data atau detek hardis, kalau pakai software apa nama softwarenya . tolong bantuin ya mas

    nof berkata:
    11 Desember 2010 pukul 8:45 pm

    itu bukan langkah memperbaiki hardisk yang rusak mas…
    itu namanya menerangkan cara security nnya ja itu namanya….

    santo berkata:
    25 Desember 2010 pukul 7:20 pm

    mas gemana cara mengabil data saya…
    extenal hard disk saya jatuh total gak berfungsi lg

    taqim berkata:
    25 Desember 2010 pukul 11:09 pm

    ass..saya taqim dri makassar..mo tnya nieh..laptop Q Toshiba M200 kerusakanya pada saat boot windows tiba2 blue screen..trus saya mau instal ulang kok hardisknya gk kedetek alias notfound..tapi kalo d bios kedetek..yang lebih heranya lagi..kalo instal lewat PC mau terinstal…tapi d pasang kembali lagi d laptopq gitu juga kerusakanya…..mohon bantuanya….tq b4..

    *muhammad irfansyah* berkata:
    29 Desember 2010 pukul 12:11 pm

    sudah lah gk usah marah kita selesai kan bersama-sama

    Teguh berkata:
    17 Februari 2011 pukul 11:31 pm

    mas, saya baru aja mem-format hardisk saya…
    pada saat proses format msh mencapai 60%, tiba-tiba listrik mati…
    setelah listrik nyala, saya cek hardisk unformat. saya format lg ga bisa…

    apa ada solusi untuk memperbaiki…?

    Teguh berkata:
    17 Februari 2011 pukul 11:39 pm

    mas jika ada solusi tolong kirim ke emai saya ya… : clasic_kalong@yahoo.com
    makasih sblumnya…

    Achmad berkata:
    3 Maret 2011 pukul 3:40 pm

    harddisk saya aneh..
    ktika selesai diinstall, tp data yg ada di drive d nya tdk diformat.
    soalnya data tsb pnting.
    ktika saya mmbuka program/aplikasi selalu lama, lalu tiba2 blue screen.
    cara utk mngatasinya bagaimana?
    mohon jawabannya

    ach junaidi berkata:
    27 Maret 2011 pukul 9:45 am

    saya punya hard disk merk maxtor 80 Gb dan itu tidak detect ke bios dan bunyix klek-klek dan kadang-kadang gak buny, mohon bantunnya. karena saya hanya punya satunya-satnya hard disk itu ?

    kurniawan berkata:
    2 April 2011 pukul 11:16 am

    permisi mau tanya…. caranya backup data di hdd laptop yg rusak gmn y?
    hdd saya nggak bsa kbaca lg… :(

    hasman berkata:
    4 April 2011 pukul 10:47 pm

    sblumnya saya minta maaf mungkin mengganggu aktifitas mas..
    saya mau tanya mas. laptop saya merk Axio hardissnya gx bisa kebaca di bios tapi Cd rom kebaca pas mau booting ke Cd gx bisa… gimana solusinya mas? apa pengaruh harddisk Error atau karna apa mas

    Munady berkata:
    11 April 2011 pukul 6:40 pm

    nanya abang yang pinterr…? hardisk ane WD 320 gb, pembacaan sektornya lambaatt banggeett.. bisa kasih solusi…? saya coba hardisk regenrator satu sektor mbacanya 5-10 detik… ;-< .. tolong bantu ane…? thanks

    singgih berkata:
    12 April 2011 pukul 8:43 pm

    ada yang tau cara bongkar HDD nda,,?? q pengen ngemix HDD q yang bad sector ama HDD yang rusak boardnya nie,,,

    Alan berkata:
    15 April 2011 pukul 10:27 pm

    gan harddisk laptop bad sector,lw d clean and repair ma HDR regeneration bs gk??
    bls via email,thank’s gan

    idris berkata:
    18 April 2011 pukul 9:58 am

    booz kenapa computer saya gak bisa di instal……????

    ADI berkata:
    27 April 2011 pukul 1:47 pm

    hardisk saya saat di hidupkan komputer nya menyala tapi tidak terdeteksi di bios

    armovi berkata:
    18 Mei 2011 pukul 6:41 pm

    makasih info tp dimana doalooangs program LLF,dan program FDISK

    chan berkata:
    28 Mei 2011 pukul 9:51 am

    bro, btw…kalau hardisk nya tidak tidak dideteksi oleh bios advanced nya kosong bgmna ??,,,,saya pakai leptop acer Travelmate 4020 WLCi….kalau dihidupin muncul no found OS…klu saya install hanya sampai di no found drive hardisk in your computer press F3 untuk keluar…solusinya ??? tolong dong kirim di via email… thank’s bro

    munawir berkata:
    7 Juni 2011 pukul 5:28 pm

    hardisk yg telah di format, berarti harus install ulang tah om???
    mohon jawabannya om…

    fuadi berkata:
    16 Juni 2011 pukul 10:14 am

    bang mo naya dikit.
    Ada gk data yang dapat merusak sector penyimpanan data pada hardisk, ?
    trus apakah hal tersebut dapat terjadi pada media menyimpanan lain, dalam hal ini misalnya Memory Card dan USB FlashDisk.

    freeshare17 berkata:
    14 Juli 2011 pukul 1:27 am

    mas saya mau tanya, saya baru saja instal ulang laptop saya..toshiba l645 tapi pas laptopnya dimatiin trus di hidupin. laptopnya error lagi.. ada tulisan windows error recovery.

    mohon bantuanya ditunggu commentya via blog saya. makasih

    alphasudirman berkata:
    27 Juli 2011 pukul 4:06 pm

    terima kasih info2nya..salam knl yah

    ady berkata:
    14 Agustus 2011 pukul 6:23 pm

    mas hardisck saya ngebaca tp ga ke buka filenya klo mo di pke LLF data yg ilang bs ditarik lg ga

    ady berkata:
    14 Agustus 2011 pukul 6:25 pm

    tolong di balas secepatnya

    Aryan berkata:
    9 September 2011 pukul 10:48 pm

    manteb nih…. tapi kenapa ya hardisk saya terdeteksi di bios tapi namanya cuma bzbzbz gt?mohon infonya terimakasih..

    Aryan berkata:
    9 September 2011 pukul 10:49 pm

    saya suka blog ini… :D boleh tukar link gak?

    solihin berkata:
    25 Oktober 2011 pukul 12:13 pm

    makasih.saya suka

    shiddhyckh berkata:
    27 Oktober 2011 pukul 7:21 pm

    saya bingung mas…… setiap saya menginstal laptoppada tahap akhirnya selalu muncul tulisan have a problem in you hard disk…. akhirnya penginstalannya gagal dan kembali kepada windows yang pertama di pakai…… itu pengaruh apa yackhhh…. please beri tahu yackhhhh……

    Cipay berkata:
    3 November 2011 pukul 1:34 am

    Oke banget nich,, mohon izin ya ditarik ke blog saya. hehehehe…..

    Kusen Aluminium berkata:
    6 November 2011 pukul 11:38 am

    Makasih om..ini saya lagi mengalami hal itu, Komp HP saya saat mau booting harus tekan F1, dan ketika sdh masuk window, ada pesan untuk backup data..

    saripati husni berkata:
    14 November 2011 pukul 11:04 pm

    bagaimana jika pada saat kita menyalakan komputer pertama kali muncul start windows enter..
    dan pada saat kita enter akan muncul tulisan windows tetapi berselang beberapa detik kemudian menghilang dan muncul cek plees kable….lalu komputer kembali keawal seperti pada saat baru dinyalaka. gmana cara prbaikinnya ????

    baru entong berkata:
    15 Januari 2012 pukul 6:19 am

    mas hardiskku terbaca dibios tetapi tapi windowsnya nggak bisa booting sama sekali bagaimana cara mengatasinya.trims

    dpw berkata:
    17 Januari 2012 pukul 9:46 pm

    gan . . Komputerku itu ketika mau boot, tu gagal membaca RECORD BOOT di hard disk, dan kalau saya instal lagi windowsnya itu hard disknya gak kebaca. Gmana tu?

    abu farhan berkata:
    13 Februari 2012 pukul 1:47 pm

    maaf, kalau harddisk TIDK BSA DI-INSTALIN WINDOWS 7, ttpi bsa di-instalin LINUX, itu knpa ya mas?
    bgmn solusinya??
    tlong dibntu ya…
    trma ksih…

    halimah berkata:
    7 Mei 2012 pukul 11:10 am

    biasanya kan hardddisk PS jika hendak ngisi game yang telah dihubungkan ke kmpeter, apabila harddisk itu dibaca oleh kmpeter ada getaran pada harddisk. Tapi, saya ada menemui salah satu harddisk PS yang ingin di isi game nya tapi harddisk nya tidak bergetar. Nah, gimana cara memperbaikinya atau mengatasinya

    Pakde gathit.. berkata:
    13 Juli 2012 pukul 8:52 pm

    Limayan, wlo capas2 dikit, nambah laris blog.. xiixii

    Pakde gathit.. berkata:
    13 Juli 2012 pukul 8:55 pm

    pak abu farhan says
    iku mergo driver karo setting bios nya durung pas… ?

    mudha responded:
    13 Juli 2012 pukul 10:21 pm

    wah, suwun mas, dibantu, hehee

    mudha responded:
    13 Juli 2012 pukul 10:22 pm

    hahaa.. kuwi jaman ndhisik mas, jaman sik blajar2.. tapi malah mbantu blog sing tak kopas ndhisik, ilmune ra ilang, soale blognya mungkin wis ilang soale bayar dhewe. kan iki gratis. hehe

Tinggalkan Balasan

