Setup ADSL Telkom Speedy

Posted on Updated on

Salah Satu Merek Modem ADSL
Salah Satu Merek Modem ADSL

Salah satu teknologi untuk terhubung ke jaringan Internet adalah mengunakan modem jenis ADSL.

Teknologi ADSL sebenarnya teknologi lama, tetapi terus diperbaharui untuk meningkatkan kecepatan tranfer modem.

Di Indonesia sendiri masih mengunakan teknologi ADSL atau Asymetric DSL modem pertama dengan kecepatan 386/64Kbps bagi downstream dan upstream.

Teknologi ADSL memiliki keterbatasan, seperti jarak jangkau dari Telco atau gardu induk telepon dengan modem pelanggan tidak boleh terlalu jauh. Anda pasti mengenal pemasangan ADSL dari Speedy Net Telkom. Bila anda ingin mengunakan koneksi ADSL, anda harus memeriksa kembali apakah nomor telepon anda sudah masuk dan terdaftar untuk layanan ADSL Speedy.

Daftar nomor telepon tertentu diartikan bahwa layanan dapat diberikan oleh Speedy, dan koneksi dipastikan dapat berjalan dengan baik atau dengan kata lain koneksi anda tidak akan banyak terjadi drop. Karena semakin jauh jarak wilayah rumah anda dengan gardu induk utama dan semakin banyak lompatan dari gardu Telco akan menurunkan kecepatan koneksi.

Untuk memasang koneksi modem ADSL ada beberapa ketentuan seperti aturan line telepon dirumah, pemasangan perangkat dan setup modem. Dibawah ini akan dibicarakan cara untuk pemasangan awal sampai melakukan setup pada modem ADSL dan computer.

Persiapan koneksi line telepon

Mengunakan ADSL modem memerlukan satu buah line telepon. Saat ini pemakai dapat berbagi antara koneksi internet dengan ADSL dengan telepon untuk suara. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line.

Posisi Splitter ditempatkan didepan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang mengunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, dimana anda dapat dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Disisi lain anda tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.

Untuk memberikan gambar bagaimana cara pemasangan Splitter pembagi seperti gambar dibawah ini.

ASDL
Perangkat modem dan melihat koneksi dari indikator lampu

Banyak jenis dari modem ADSL seperti jenis kecepatan, jenis router yang digabung kedalam modem, terintegrasi dengan wireless, USB dan Ethernet yang disatukan oleh modem dan sebagainya.

Modem ADSL sudah dikembangkan dengan penempatan perangkat tambahan lainnya. Anda bisa mengunakan 1 modem ADSL untuk 4 computer dan terkoneksi dari LAN ethernet. Atau anda dapat mengunakan modem ADSL dengan output ethernet dan USB saja bila hanya memerlukan 2 koneksi untuk PC.

Begitu banyak modem yang disediakan akan memudahkan pemakai. Tetapi bila anda hanya membutuhkan koneksi modem sederhana dapat memilih jenis modem dengan koneksi ethernet dan USB port sudah dipastikan cukup. Yang pasti semakin banyak kebutuhan dan keinginan anda untuk mengunakan jenis perangkat pada modem ADSL maka semakin mahal harga modem.

Tetapi beberapa fitur yang perlu diperhatikan. Karena di Indonesia sedikit berbeda cara perhitungan dibandingkan negara lain yang sudah lebih mapan menyelenggarakan koneksi internet dengan modem ADSL. Ada baiknya mengunakan jenis modem dengan fitur koneksi otomatis on dan off . Modem ADSL dengan fitur tersebut akan menghemat biaya koneksi anda, terlebih di Indonesia masih digunakan perhitungan waktu atau banyaknya bandwidth yang digunakan. Bila anda mengunakan layanan tanpa batas, modem ADSL tipe On dan Off memang tidak terlalu diperlukan.

Gambar dibawah ini adalah modem paling murah yang ditawarkan oleh Telkom dengan harga Rp.350.000 atau sedikit lebih mahal dibanding USB modem dial-up. Harga tersebut sangat pantas bila anda menginginkan modem ADSL yang sederhana. Hanya disediakan port USB dan Ethernet. Bila anda membutuhkan tambahan koneksi untuk computer lebih dari dua buah, maka solusi pada modem murah ini dapat ditambahkan dengan ethernet hub untuk membagi koneksi kepada PC lainnya.

2

Sedikit saran untuk memilih modem DSL, sebaiknya menanyakan juga kepada rekan lain yang sudah mengunakan koneksi ADSL. Kami mendapat banyak informasi yang berbeda terhadap kualitas modem, padahal kemampuan modem DSL hanya dibedakan dari fitur yang dimiliki. Yang terpenting adalah ketahanan dari modem DSL. Bila anda mengunakan koneksi tanpa batas, ketahanan modem menjadi bagian paling penting. Setidaknya modem DSL anda tidak terlalu sering hang karena bekerja terlalu lama atau menjadi panas. Semakin banyak fitur didalam modem akan membuat modem menjadi panas karena tambahan chip didalam board modem tetapi memenuhi keutuhan jenis koneksi seperti WIFI, Ethernet HUB dan USB. Mengunakan modem DSL dengan fitur sederhana akan membatasi kemampuan modem DSL itu sendiri khususnya bila anda ingin menambah koneksi untuk computer lain. Jadi sesuaikan kebutuhan dan keinginan yang anda perlukan.

Persiapan sebelum melakukan setup modem

Sebelum anda melakukan setup pada modem ADSL anda harus melalui langkah pada lembar pertama yaitu mendaftar nomor layanan ADSL dan Telkom harus membuka line khusus untuk ADSL untuk nomor telepon rumah anda.

Untuk informasi bagi indikator modem ADSL umumnya memiliki 3 lampu indikator yaitu PPP, Power, DSL. Bila anda mengunakan modem jenis koneksi ethernet dan USB maka akan ditambahkan 2 lampu indikator untuk Ethernet dan USB. Kedua lampu menjadi petunjuk ketika port yang dihubungkan telah terhubung ke computer. Misalnya anda mengunakan ethernet maka lampu ethernet akan menyala, demikian juga untuk USB ketika kabel USB terhubung ke modem dan computer maka lampu akan menyala sebagai petunjuk adanya koneksi antara modem ADSL dengan PC.

Dari 3 lampu utama dengan PPP, Power dan DSL yang terpenting adalah DSL. Lampu DSL dan PPP menunjukan kesiapan modem untuk bekerja pada line DSL. Lampu ini seperti lampu petunjuk bahwa modem anda memang sudah terhubung dengan line DSL. Pada awal kerja modem, lampu indikator akan menyala dan mengirim signal. Setelah beberapa saat maka lampu DSL akan menyala terus yang diartikan koneksi sudah terhubung dengan baik pada line telepon. Lampu PPP diartikan koneksi sedang berlangsung atau terdapat arus data ketika seseorang melakukan koneksi ke Internet seperti melakukan browsing. Artinya koneksi sedang terbuka ke jalur internet melalu modem DSL.

3

Sistem ADSL berbeda dengan Dial Up
Bila anda mengunakan koneksi internet dengan modem baik Dial-up atau modem jenis lain seperti kabel data ke handphone. Sebaiknya anda mengetahui cara kerja modem ADSL akan sedikit berbeda dengan modem yang kami sebutkan diatas.

Modem ADSL yang ada saat ini sudah memungkinkan pemakai untuk memasukan password kedalam modem ADSL. Sehingga pemakai tidak perlu melakukan pemasukan password dari PC dan memerintahkan dial melalui computer. Modem ADSL didisain untuk selalu siap digunakan. Artinya ketika anda menyalakan computer dan modem anda, beberapa saat modem akan langsung menghubungkan ke jaringan ADSL. Ketika anda melakukan browsing ke internet misalnya membuka sebuah situs maka modem ADSL akan langsung mengirim data ke jaringan DSL tanpa anda perintahkan seperti melakukan dial nomor telepon untuk menghubungi ISP atau internet provider. Perbedaan ketika modem melakukan handshake atau login ke dalam network. Untuk Dial-up akan terlihat ketika modem sudah terhubung dengan menutup pop program dial-up, sedangkan modem DSL tidak secepat sistem Dial-up dan harus menunggu beberapa saat bahkan membutuhkan waktu lebih dari 30 detik.

Demikian juga untuk berkomunikasi, modem ADSL melakukan secara otomatis ketika adanya signal dari computer untuk mengirim dan menerima data. Disini sebenarnya keunggulan dan kelemahan dari masing masing sistem modem. Bila anda mengunakan modem ADSL yang memiliki fitur on dan off, fitur tersebut sangat berguna untuk menonaktifkan modem sementara tidak digunakan.

Saran untuk perangkat koneksi dengan ADSL modem

Sedikit masukan untuk mengunakan modem DSL. Disarankan mengunakan OS terbaru seperti Windows XP untuk kemudahan menginstall. Gunakan koneksi ke modem dengan kabel Ethernet dibanding koneksi USB, mengingat koneksi USB akan menganggu kinerja computer.

Setup modem dapat anda lakukan sendiri

Melakukan konfigur pada modem DSL sebenarnya tidak berbeda menginstall perangkat pada computer. Kecuali sistem network yang ikut menjadi bagian didalam sistem modem DSL. Kebanyakan modem DSL sudah menyertakan router sebagai gateway. Artinya modem DSL menjadi pintu keluarnya data atau sebagai media atau sebagai jalur yang harus dilalui oleh computer lain untuk terhubung dengan Internet.

Karena fungsinya sebagai router, maka setiap computer yang terhubung harus mengetahui berapa IP si modem DSL itu sendiri. Umumnya modem DSL memberikan nomor IP tertentu seperti 192.168.1.1, dan computer lain memerlukan nomor tersebut untuk dimasukan sebagai nomor gateway bila anda mengunakan jenis IP static atau IP tetap. Bila anda mengunakan jenis IP bebas atau DHCP , anda tidak perlu mengenal nomor IP tersebut. Khususnya pada sistem Windows sudah memiliki fitur DHCP (dynamic IP pada client) akan melakukan pencarian nomor Gateway dari router secara otomatis.

Untuk menginstall modem sangat mudah. Sebagai contoh pada setting konfigurasi sebuah model modem dibawah ini. Anda cukup memasukan driver atau tahapan menginstal modem DSL anda.

Pada tahap awal, anda hanya perlu memasukan tipe modem dan melakukan konfigurasi untuk memeriksa apakah line sudah siap digunakan, memeriksa modem DSL dan memerika koneksi internet pada modem itu sendiri. Gambar setting dibawah ini dilakukan secara otomatis dari software instalasi modeml

Gambar dibawah ini adalah bagian cukup penting. Anda perlu memasukan nama pelanggan dan password yang diberikan. Perlu diingat bahwa setiap koneksi modem memerlukan nama dan password. Mirip seperti sistem Dial-up dimana anda harus memasukan nama dan password untuk memasuki jaringan internet dari layanan provider.

Selesai anda memasukan data langganan anda, modem anda sudah siap digunakan. Dan perlu diingatkan juga, modem DSL akan menyimpan data anda, bila anda merubah password untuk login pada modem DSL maka anda perlu memasukan kembali sesuai perubahan yang dilakukan.

Untuk memeriksa status IP, anda cukup memanggil nomor IP dari modem seperti gambar dibawah ini bila nomor IP modem DSL adalah 192.168.1.1 sebagai nomor IP Gateway bagi computer lain (client)

Untuk menerangkan data yang ada pada gambar diatas ini adalah sebagai berikut :

Untuk kotak pada gambar bagian kiri atas pada gambar :

  • Kecepatan koneksi dari modem 384/64 Kbps atau setara 38KB perdetik untuk download dan 6KB perdetik untuk upload.
  • Status koneksi internet
  • Lamanya koneksi
  • Sistem koneksi
  • Username dari layanan nomor pelanggan atau disebut username
  • IP Address, adalah nomor IP dari modem ke jaringan internet (bukan IP LAN internal)
  • Default Gateway adalah gateway dari modem DSL untuk modem anda
  • DSN primary dan secondary

Bagian informasi kotak kiri atas hanya memiliki hubungan dengan setting dari provider misalnya layanan speedy. Kecuali nomor Primary dan Secondary DNS yang mungkin perlu digunakan bagi computer client pada jaringan LAN.

Kotak bagian kanan atas adalah info modem yang difungsikan sebagai router. Berisikan informasi internal untuk modem seperti model, Firmware, Ethernet MAC Address dan lainnya.

Bagian paling penting untuk sistem LAN terdapat pada bagian bawah. Berisikan nomor LAN IP Address yaitu 192.168.1.1. Nomor tersebut akan menjadi gateway dari nomor IP router anda atau computer client didalam jaringan network bila anda mengunakan sharing internet ke banyak computer.

Seluruh computer yang terhubung, baik 1 buah atau lebih dari satu akan mengunakan nomor tersebut untuk terhubung ke Internet. Nomor tersebut dapat terditeksi langsung secara otomatis ketika seseorang memasang komputer pada jaringan LAN seperti menghubungkan computer ke HUB ethernet (jaringan LAN) melalui kabel UTP dan HUB terhubung ke modem DSL.

Untuk setting internet seperti WinXP akan terhubung secara otomatis mengunakan DHCP (dynamic IP), dan anda cukup menjalankan langkah dari setup Network di WinXP. Jadi Windows XP dapat langsung mengenal adanya Router / Gateway, setting untuk IP dan Internet dapat langsung terditeksi ketika anda menginstall Ethernet atau USB network via software.

Tetapi ada beberapa kasus yang sedikit berbeda bila anda mengunakan OS lama seperti Win98SE. Sistem WIn98SE kurang pintar dibandingkan sistem Windows XP. Mungkin anda perlu memasukan data pada konfigurasi network di Win98SE secara manual. Sebagai contoh sistem Win98SE bisa saja tidak langsung terkoneksi secara otomatis.

Anda perlu memasukan nomor IP secara manual pada setup network Win98SE. Masukan nomor IP yang anda inginkan tetapi memiliki batasan pada informasi dari router yang disajikan dibagian atas. Atau anda dapat memasukan nomor Gateway untuk Router anda secara manual.

Misalnya modem DSL sudah memberikan data bahwa hanya nomor 192.168.1.2 sampai 192.168.1.254. Artinya IP computer anda harus berada pada angka tersebut. Sebagai contoh anda dapat memasukan nomor computer anda dengan 192.168.1.3. Lalu tambahan nomor Gateway dari modem DSL yang berfungsi sebagai Router dengan nomor 192.168.1.1.

Untuk memastikan nomor IP anda sudah sama dengan benar, anda dapat masuk ke DOS Prompt dan masukan ketik IPCONFIG. Lihat pada bagian Ethernet Adapter apakah nomor IP, subnet mask dan IP Gateway sudah tampil. Bila tidak tampil, coba restart kembali computer anda agar setting baru dapat dikenal oleh OS.

Bila computer tidak dapat menampilkan data ini anda mungkin perlu memasukan secara manual pada bagian control panel -> Network -> pilih TCP/IP pada ethernet -> click bagian property. Lalu pilih Speciify an IP Address bila anda ingin memasukan data secara manual seperti gambar diatas, atau alternatif lain tetap memilih setting DHCP dengan IP Address automatically.

Jangan lupa pada sistem Win98SE diperlukan restart sebelum nomor IP yang dirubah dapat bekerja.

Untuk membaca data lebih detail dari konfigurasi IP computer yang terhubung ke Router modem, anda dapat juga mengunakan program internal dari Win98SE dengan WINIPCFG. Maka akan tampil data dari computer anda lebih detail dibandingkan perintah IPCONFIG.

Troubleshooting ketika computer Win98 tidak tidak dapat browsing. Pada setting Win98SE terdapat tampilan nomor IP pada DHCP Server pada setting DHCP atau Dynamic IP. Nomor IP DHCP server pada kotak tersebut harus ada. Bila network di Win98SE tidak menampilkan IP tersebut, artinya computer belum terhubung ke Internet. Untuk mendapatkan nomor IP Gateway, cukup anda tekan bagian Renew bagian bawah untuk memperbaharui IP Gateway

Program Malware dapat menurunkan koneksi

Bila anda mengunakan layanan ADSL tanpa batas, sepertinya program malware tidak perlu anda pusingkan. Tetapi bagi mereka yang mengunakan layanan terbatas dimana dibebankan biaya sesuai pemakaian, besar kemungkinan program malware menjadi masalah besar.

Pernah ada kasus dimana seorang pelanggan mengunakan layanan ADSL yang hanya melakukan check email dan chatting bahkan hanya sesekali melakukan browsing pada situs tertentu ternyata dibebankan biaya berlipat. Kesalahan si pemakai ternyata computernya telah terinstall program yang tidak di inginka. Tagihan membengkak dikarenakan pemakai memiliki kebiasaan buruk dengan membiarkan modem DSL tetap bekerja dan computer yang dikiranya tidak terhubung ke internet ternyata sedang melakukan broadcast signal ke modem DSL. Hasilnya tentu bisa anda tebak, bahwa diam diam computer terus terhubung ke Internet tanpa diketahui si pemilik

Anda harus mengenal program tertentu seperti Malware yang akan mencuri bandwidth anda, kami bagi menjadi 2 kategori:

Jenis Spyware and Adware bisa dijadikan penyebab habisnya bandwidth anda. Walaupun kemungkinan anda jarang menemukan program jenis ini kecuali anda masuk ke situs tertentu. Program jenis ini paling menyebalkan karena paling kuat mengambil trafik internet. Bahkan bila sudah berada didalam computer, akan muncul pop up pada layar monitor dalam kurun waktu tertentu. Program jenis Spyware dan Adware dikategorikan juga sebagai Malware atau program yang tidak dikehendaki tetapi bekerja didalam computer dengan sendirinya.

Virus computer jenis WORM virus atau program cacing internet terkadang tidak saja membebankan koneksi internet, tetapi menganggu kinerja computer. Jenis WORM virus yang menginfeksi atau masuk kedalam computer sulit terditeksi bahkan sulit dikenali, kecuali anda memasang anti virus atau anda cukup ahli untuk mengetahui apakah ada program penyusup yang masuk kedalam computer.

Computer yang terinfeksi program WORM virus atau Virus computer terkadang sulit dirasakan, karena WORM virus dibuat sangat pintar untuk mencoba menginfeksi computer lain dan tidak secara terus menerus mengunakan koneksi internet. Pada saat WORM virus tidak aktif maka koneksi internet terlihat lancar tanpa hambatan, tetapi begitu program aktif maka internet anda akan menjadi lambat.

Jenis WORM virus tertentu bahkan dapat menginfeksi computer lainnya, misalnya satu buah computer sudah terinfeksi akan menyerang computer lain didalam jaringan. Hasilnya bila satu buah computer dibersihan dari WORM virus tetapi tidak dibuatkan penangkalnya, maka dalam beberapa saat akan terinfeksi kembali dari computer lain. Perlu diingatkan juga, beberapa WORM virus memiliki sistem kerja berbeda atau secara random. WORM virus memang dibuat pintar, pada beberapa saat computer dihidupkan tidak terlihat aktif. Tetapi setelah beberapa saat jenis WORM virus tertentu dapat mengila dan terus melakukan broadcast baik kedalam sistem jaringan maupun internet.

Disiplin mengunakan internet

Bila anda memiliki banyak uang, mungkin anda tidak perlu membaca ulasan pada bagian ini. Bila anda begitu peduli untuk kecepatan modem dan dana terbatas ada tip untuk menjaga tagihan anda untuk tidak membengkak
Menjaga computer dengan mengaktifkan Firewall, baik untuk modem DSL maupun pada computer anda.
Aktifkan modem DSL anda ketika anda perlukan dan biasakan mematikan modem secara manual
Matikan program auto update seperti Windows Update bila anda benar benar tidak memerlukan. Jenis Windows XP secara berkala memeriksa update melalui internet, bahkan melakukan update dan mendownload update secara otomatis. Demikian juga sistem auto update pada software lainnya seperti Anti Virus.
Jauhi situs situs yang anda curigai untuk meminta anda menginstall program Malware.
Gunakan program Chat seperlunya, karena iklan pada program gratis akan tampil berkala dan mengambil data melalui jaringan internet
Install program anti virus dan anti spyware untuk menjaga computer anda tetap bersih.

Demikian ulasan dari mengunakan koneksi ADSL, setidaknya anda sudah mengetahui bahwa mengunakan koneksi ADSL tidak serumit yang anda bayangkan. Koneksi ADSL saat ditawarkan lebih murah dibandingkan koneksi Dial-up dengan batasan minimum biaya dari layanan service yang ada.

Berapa cepat layanan yang kami coba, ternyata memilik peak 43.7KB perdetik untuk malam hari

Dengan artikel ini kami harapkan anda cukup mendaftar ke layanan ADSL untuk internet dan dapat melakukan installasi untuk modem DSL anda sendiri dan dalam 2 atau 3 hari anda sudah bisa grennggg ber ADSL ria.

Sumber : http://www.obengware.com/tips/setupadsltelkomspeedy.htm

About these ads

57 thoughts on “Setup ADSL Telkom Speedy

    Tato' said:
    6 Mei 2007 pukul 6:12 pm

    Mas mudha saya punya modem Adsl jenis Aztech DSL600EU “sama dngn gbr di atas” dengan koneksi Telkomspeedy mengalami masalah pada indikator Led. Kenapa indikator DSL saya mengalami blinking “kelap-kelip” secara terus menerus dan indikator PPP tidak nyala sama sekali dalam arti kata sepertinya terus menerus mencari jaringan DSL,sehingga saya tidak bisa browsing “internet seperti lumpuh”. biasanya juga sering menemukan jaringan DSL tapi itu sangat lama sekali bisa sampai satu jam bahkan bisa sampai gagal sama sekali Lampu DSL terus menerus blinking. Kalau sudah berhasil dapat jaringan DSL biasanya saya malas untuk mematikan modemnya takut tidak bisa “ngangkat” lagi untuk terhubung ke jaringan DSL dan biasa kami biarkan begitu saja sepanjang hari. Kalau sudah dimatikan harus menunggu sampai dapat. biasa kalau untung-untungan jaringan DSL didapat sekitar pagi hari, kami sudah mengadukannya ke 147 tapi tidak ada tanggapan sama sekali. Yang menjadi pertanyaan sekarang apakah modem yang saya gunakan tidak cocok dengan PC saya atau modem itu benar – benar sudah rusak (bukan masalah jaringan). Mohon Balasannya kalau bisa Japri E-mail ya…. Thnx

    grey said:
    2 Juni 2007 pukul 10:13 am

    saya jg punya pengalaman sama seperti mas tato, apakah modem dsl jenis aztech ini DSL600EU produk gagal ato karena saking murahnya (saya beli dari telkom karna ada promo bayar 239 ribu untuk registrasi dan modem aztech bapuk itu) ?

    skarang ini modem (baru 3ari) tiap dinyalain power led nya warna merah, ethernetnya tetep nyala kuning, cuma usb sama internet led nya jadi blinking.. dah ga bisa connect ke 192.168.1.1

    telkom setia menyusahi pelanggan !!

    Hendra said:
    6 Juli 2007 pukul 8:16 pm

    saya butuh driver DSL600EU ADSL? GMn cara mendpatkanya? Tolong bantu saya

    admin: coba klik link ini. kemudian pada bagian search-nya ketikkan ” DSL600EU ADSL”.

    trias said:
    17 Juli 2007 pukul 2:27 pm

    mas saya pake konek speedy dg model shiro dsl805eu. udah konek dan lumayan banter. saya ingin menambah beberapa pc client bagaimana konfigurasi pemasangan hardmarenya (modem, swicth dan pc clent) serta konfigurasi setting pada modem dsl nya dan setting pc client nya yg benar. thanks

    admin:
    ada yang bisa jawab?….

    RickO said:
    20 Juli 2007 pukul 7:09 am

    trias kalo kamu mo tambah beberapa klien ya tinggal di kasih HUB aja setting IP berurutan dri IP modemmu sampe klien terakhir. TRus gateway kan ke modemmu, beres deh, kalo pengen bisa nge router ya pake KERIO Software gampang. kalo pengin ngatur bandwith ya pake bandwith manager gampang meneh. kalo mau lebih lanjut ya Hubungi saya . . . lebih asik lagi .> > hiwhwihiwhiwh
    +62 271 7023977

    sugeng hw said:
    23 Juli 2007 pukul 4:28 am

    mas tolong saya, saya pakai modem adsl, komputer yg terhubung ke jaringan sekitar 100 unit gimana caranya setting modem saya biar setiap pc yg mau konek harus disetup dulu, kondisi sekarang setiap pc yg terkonek ke jaringan ip nya di blank (obtain) bisa langsung conect ke modem, wal hasil akses internet jadi lemot
    thank berat atas bantuannya

    admin:
    ada yang bisa gak yang laen…

    sugeng hw said:
    26 Juli 2007 pukul 5:34 am

    tambahan atas pertanyaan saya type modem WAG354G, bisakah disetup dr modemnya untuk membatasi hanya clien-clien tertentu saja (yg disetup pcnya) yg bisa akses ke internet.
    terima kasih banyak atas jawabannya

    admin:
    pada prinsipnya bisa. Kami sarankan Anda untuk menanyakan lebih lanjut pada indoforum pada link berikut ini.
    http://www.indoforum.org/archive/index.php/t-16588.html ato http://www.indoforum.org/showthread.php?t=16588

    doni said:
    27 Juli 2007 pukul 3:35 pm

    mas saya pengguna speedy Time based. saya mo tanya bisa tidak modem saya aztec DSL600EU ADSL di jadiin proxy server?. Kalo bisa saya mo tanya settingan nya gimana ya??. Kondisinya sekarang saya punya 4 kompi dan satu switch, ethernet modem dsl langsung terhubung ke switch dengan ip 192.168.1.1, kompi1 dengan ip 192.168.1.2, kompi2 192.168.1.3, kompi 3 192.168.1.4, kompi 4 192.168.1.5 dengan gateway ke ip modem. Terus bagaimana settingan jaringan yg optimal untuk jaringan saya tersebut..,
    Mohon bantuannya kalo bisa kirim ke e-mail saya.
    thanks

    anto said:
    28 Juli 2007 pukul 4:18 am

    gue mau tanya neh ….
    ISPnya Telkom speedy brp ya…

    admin:
    yang laen ada yang tau gak…

    hery januar said:
    1 Agustus 2007 pukul 4:08 am

    sy punya permasalahan, modem adsl saya punya hanya 1 port ethernet saja, pc server 1 lan ethernet connect ke hub/switch
    gmn instalasi kabel dari modem adsl ke server dan dari server ke hub? apa saya perlu tambah 1 lagi lan ethernet lagi atau ganti modem adsl ?
    trimakasih atas perhatian & bantuannya

    penky said:
    5 Agustus 2007 pukul 2:46 pm

    mas saya sudah pakai speedy dan saya mau pasang modem untuk wi_fi gimana cara pasang..tolong dijawab yaa

    PLENUK said:
    7 Agustus 2007 pukul 11:05 pm

    cukup bagus, tapi koq ngak ada video nya

    elvan said:
    8 Agustus 2007 pukul 6:35 pm

    gw mo tanya neh, berapa c rata2 dunlod dngan speedy?
    gw make unlimited office, rata2 dunlodnya 35-40 kbs. apa normal?
    Trus gimana cara nambah bandwitch buat dunlod biar makin kenceng?
    thanx

    Semut_nakal said:
    10 Agustus 2007 pukul 6:01 am

    untuk hery,
    kamu cuma butuh hub/switch , misal 8 port. dengan configurasi kabel staright. begini ilustrasinya :
    pc client 1 | Hub/switch| Server
    |
    |
    Model ADSL Internet

    kondisi diatas :
    pc client 1 melalui ethernet cardnya dihubungkan dengan kabel UTP (kabel staright) ke hub/swich.

    Server melalui ethernet cardnya dihubungkan dengan kabel UTP (kabel staright) ke hub/swich.

    Modem ADSL melalui port ethernetnya dihubungkan dengan kabel UTP (kabel staright) ke hub/swich.

    IP Address ADSL untuk LAN misal : 192.168.1.1

    maka untuk PC CLient 1 , IP Addressnya misal : 192.168.1.5 netmask : 255.255.255.0 dengan IP gateway :192.168.1.1

    untuk Server, IP Addressnya misal : 192.168.1.2 netmask : 255.255.255.0 , Ip Gateway : 192.168.1.1

    bisa dilihat bahwa “IP GATEWAY = IP ADDRESS milik ADSL”

    dengan Asumsi modem ADSL sebelumnya sudah bisa connect.
    hal ini kamu bisa share kebeberapa PC misal 5 PC lagi dengan menghubungkan tiap2 PC tersebut ke HUB/Switch menggunakan kabel UTP straight . dan jangan lupa berikan tiap komputer IP ADDRESS yang BERBEDA, misal 192.168.1.6 – 192.168.1.10 dengan gateway yang sama yaitu 192.168.1.1 . jangan lupa isi DNSnya ditiap tiap client. biasanya telkom menggunakan DNS : 202.134.0.5 dan 202.134.2.5

    settingan diatas dengan asumsi menon aktifkan fungsi DHCP di modem ADSL ataupun DHCP di Server

    Selamat mencoba !

    Berly said:
    15 Agustus 2007 pukul 5:06 pm

    kira2 bisa ga kyk gini y mas buat routing..???
    usb>>pc>>sharing intranet
    ether modem>>intranet

    suhardi said:
    27 Agustus 2007 pukul 11:12 am

    Tolong gambar rangkaian/jaringan untuk pemasangan speedy menggunakan Hubdipakai untuk beberapa komputer

    lexa said:
    31 Agustus 2007 pukul 6:46 am

    coba pake modem linksys bagus tuh g ada problem
    saya pake buat warnet ckp cepat

    SEPTY said:
    4 September 2007 pukul 3:57 am

    Mas seting speedy untuk beberapa komputer gimana nich gue,aku pakai speedy dengan modem COREGA yang cuman punya satu port ethernet saja,gimana agar 5 computer bisa tersambung ke internet speedy
    mohon bantuan mas ADMIN…………..

    tio said:
    22 September 2007 pukul 4:04 pm

    mas aku mengelola sebuah warnet dengan telkom speedy(unlimeted). saya minta tolong di jelaskan secara rinci bgaimana cara menambah pc di sebuah jaringan yg sudah ada.saya memiliki 6 buah pc
    client dan berikut servernya..dan jg bgaimana kiat2
    menjaga agar tdk terserang spyware,dan anti virus apa yg sekiranya baik untuk pc saya ini…trimakasih
    dimohon bantuannya……

    sahala said:
    25 September 2007 pukul 7:13 pm

    mas saya pakai speedy, modem shiro dsl 800 E untuk warnet, tapi ketika clien bnyak yang download hasil internetnya jadi server not found .!
    yang saya tanyakan apakah pengaruh modem? atau pengaruh dari setingan yang lain??
    mohon bantuan mas ADMIN???

    moRon said:
    27 September 2007 pukul 3:27 am

    ohw…right!!

    william said:
    30 September 2007 pukul 3:54 am

    bagaimana menginstall speedy di laptopku???
    di komputerku sudah, tapi di laptop belum..
    gimana caranya??tolong donk kasitau…
    kirim ke emailku aja ya…willovey@yahoo.com
    terima kasih….

    william said:
    30 September 2007 pukul 3:55 am

    bagaimana menginstall speedy di laptopku???
    di komputerku sudah, tapi di laptop belum..
    gimana caranya??tolong donk kasitau…
    kirim ke emailku aja ya…
    willovey@yahoo.com
    terima kasih….

    zainardiihsan said:
    1 Oktober 2007 pukul 7:14 am

    boss.. aku pake internet dengan hp cdma starone yagn dihubungkan lewat USB ke PC. kalo aku mo hubungin internetnya ke HUB bisa lewat card LAN PC yang sdh terkoneksi internet ngak. mohon bantuannya ya boss.thaks. kalo bisa kirim ke email aku ya ” halloooihsan@yahoo.com

    zainardiihsan said:
    1 Oktober 2007 pukul 7:16 am

    sory. dari CDMA ke PD pake DKU5 ya boss. HP nokia

    SMW IT said:
    2 Oktober 2007 pukul 4:41 am

    kalo mo setting internet pake modem yang hanya satu port ethernet harus ada 2 lan card (bridge) di mana lancard yang satu ke Modem dan yang satu lagi ke hub.

    dhanie said:
    2 Oktober 2007 pukul 6:18 am

    mas saya mo nanya,, sebenenrya rtouter tu kayak gimana to..? apa modem adsl bisa dikatakan sbg router..? turs bedanya apa..?
    mohon bantuannya,,

    faisal said:
    4 Oktober 2007 pukul 6:07 am

    saya udah memasang line adsl untuk jaringan lokal kira2 jaraknya 700 Meter, tetapi setelah di ping jaringannya putus, tolong solusinya…

    faisal said:
    4 Oktober 2007 pukul 6:09 am

    saya udah memasang line adsl untuk jaringan lokal kira2 jaraknya 700 Meter, tetapi setelah di ping jaringannya putus-putus, kadang2 konect kadang2 tidak ,tolong solusinya…

    eli said:
    10 Oktober 2007 pukul 8:53 am

    kalo ipnya modemnya 10.0.0.2 gimana ngerubah ip tsb…soalnya server yang mau aku buat pake ip.192.168.x.x
    yang tau plz bantuannya..
    thanks

    ady at mkasar said:
    23 Oktober 2007 pukul 5:56 am

    thanhs ya mas..

    wira said:
    24 November 2007 pukul 2:37 am

    Tolong Kasih Tahu Cara Share 2 Komputer Dengan 2 LAN Card Dan Shiro DSL805E (Speedy) Dengan Sistem Operasi Windows XP SP 2

    fachruddin said:
    3 Desember 2007 pukul 10:17 am

    Internet saya sering masalah terus bisa dibantu?
    kalau saya ping ke modem oke gak ada rto nya
    tap giliran ke dsn selalu putus2 gimana ya

    omad said:
    12 Januari 2008 pukul 6:51 pm

    Mas bantuin donk. kmrn udah lama nggak pake speedy sebetulnya.. sekarang mau pake lagi. Tapi kok lampu “LINK” ma “DATA” nggak mau nyala y?

    Akhirnya terpaksa ngenet pake telkomnet instan TT lambat gila…

    Ada maslah ama laptopQ ato DSL routernya y?

    saya pake JKNetworks DB108-E ADSL2+Modem
    Laptop saya pake vista. sebelumnya setting di PC pake OS XP mash ok. Oh ya wkt mau coba masukin ke 192.168.1.1 kok nggak mau ya? Aku coba ketik ipconfig juga kagak keluar IP address ku TT baru pertama pake VISTA jadi nggak ngeh TT.

    Ama klo driver nya cari dimana y? addresnya mas

    bowo said:
    15 Januari 2008 pukul 2:53 pm

    lexa on 31 Agustus 2007 coba pake modem linksys bagus tuh g ada problem
    saya pake buat warnet ckp cepat
    —————————————————-
    yoi coy gwe jg pake linksis bwt warnet 7 client asoy geboy ngebut …. asal gaada client yang download nya maruk …..hehehe

    dechy said:
    22 Januari 2008 pukul 12:19 pm

    maz kalo mau cari driver “DSL600EU ADSL” dimana lagi selain yang pernah dianjurkan oleh maz admin?? saya udah cari di web itu tapi gak ketemu2,…
    mohon bantuannya…. terima kasih

    wendi said:
    18 Februari 2008 pukul 1:27 am

    saya mempunyai modem ADSL jenis tecom…………? tetapi saat di hidupkan lampu untuk WAN nya tidak menyala kira2 apa kendalanya ,thanks

    topacom said:
    21 Februari 2008 pukul 2:57 pm

    gimana share internet pake speedy menggunakan modem aztech DSL605EU
    bingung sy sampe.. gak bisa tidur 2 malem

    bye

    bUDI Kroya said:
    1 Maret 2008 pukul 8:47 am

    Tolong donk setting untuk speedy menggunakan modem corega type baraa100v2, kotaku cilacap, thank

    udii said:
    5 Mei 2008 pukul 2:21 pm

    apa bener kl line teleponnya diparalel gak bisa buat pasang adsl, kl bener solusinya apa

    didikeko said:
    7 Juni 2008 pukul 3:13 am

    apa setiap line telfon bisa di gunakan untuk dial up ?? masalahnya di daerah saya di sebagian nomor awal tertentu tida bisa untuk dial up (kata orang telkomnya)binun saya thx bro….

    soni yusup said:
    19 Juni 2008 pukul 3:55 am

    mas, saya punya modem netgear untuk koneksi ke internet. Gimana cara untuk pasang password agar orang lain gak bisa connect ke internet melalui wireless modem ku ?

    eras said:
    13 Juli 2008 pukul 6:55 am

    Saya gak punya line telp. Bisa langganan speedy gak ya? Apakah ada modem wireless yang bisa dipake? Thanks before

    bebek said:
    19 Januari 2009 pukul 5:08 pm

    thanks a lot bro. akhirnya bisa juga online hehehehe…

    mudha said:
    12 Februari 2009 pukul 10:52 am

    to eras: bisa, silahkan hubungi tim speedy terdekat.
    to bebek: selamat ngenet ria.

    fajar said:
    26 Februari 2009 pukul 7:22 pm

    modem yang kira2 bagus apa yah mazz…

    aku dah ganti dari articonet , prolink, corega tapi pada jebol smua padahal gak dipanjer trus tuhh..

    dah recomended gag nehh!!T_T

    Palangkaraya said:
    12 Mei 2009 pukul 5:21 pm

    Udah saya ikutin segala petunyuk tetep aja Aztech DSL600EU gue nggak nyambung tuh ke speedy.

    Kenape yeh?

    Udah telepon 147, udah dipandu CS lokal, tetep aja nggak jalan.

    Akhirnya disuruh panggil teknisi, bayar 50.000!

    Resek!

    RAHMAN77 said:
    12 Juni 2009 pukul 10:08 am

    thank’s for information…

    taufiq said:
    16 Juli 2009 pukul 3:51 pm

    Saya mau menjual Modem Aztect ADSL 2+ DSL 600 EU , jika ada yang berminat japri muhammad_furqon@yahoo.com.

    Thx

    thomasn said:
    3 November 2009 pukul 4:25 pm

    Bang, saya udh make speedy dengan sistem LAN menggunakan Router. Speedy saya pernah bermasalah, sehingga IP Address masing-masing kompi (4 kompi) harus disetup ulang. Tolong panduannya bang.
    Sebagai informasi, default gatewaynya (server) adalah 10.10.10.10 dengan IP Address masing-masing 10.10.10.100, 10.10.10.15, 10.10.10.16, 10.10.10.23.
    Thank’s ya bang.

    mazz said:
    25 Februari 2010 pukul 9:59 am

    uangelee golek drvers jk db 108-e. wis kukut po yo pabrik-e!

    Asep si akang said:
    7 Maret 2010 pukul 2:48 pm

    sy punya modem aztech DSL605EU bekas speedy, dikarenakan tidak ikutan speedy lagi sy butuh sewaktu2 tuk browsing antara lain ke sini…
    pertanyaannya: kalo setting untuk telkomnet INSTAN g’mana gitu lhooo..??

    Halil said:
    17 Maret 2010 pukul 9:47 am

    ada yang bisa nyeting NAT Aztech DSL650E?

    rahtu said:
    4 Mei 2010 pukul 1:50 pm

    salam mas…. Tau cara memodifikasi modem tp-link biar jadi acces point nggak? kirim via japri ya

    2ndNET said:
    1 Agustus 2011 pukul 11:39 am

    “Pernah ada kasus dimana seorang pelanggan mengunakan layanan ADSL yang hanya melakukan check email dan chatting bahkan hanya sesekali melakukan browsing pada situs tertentu ternyata dibebankan biaya berlipat. Kesalahan si pemakai ternyata computernya telah terinstall program yang tidak di inginka. Tagihan membengkak dikarenakan pemakai memiliki kebiasaan buruk dengan membiarkan modem DSL tetap bekerja dan computer yang dikiranya tidak terhubung ke internet ternyata sedang melakukan broadcast signal ke modem DSL. Hasilnya tentu bisa anda tebak, bahwa diam diam computer terus terhubung ke Internet tanpa diketahui si pemilik”

    “Ga mungkin bisa terhubung kl modemnya dimatikan”. Yang logik aja, bang.

    fajrul said:
    22 September 2011 pukul 10:36 pm

    gan saya kemaren ngacak-ngacak ADSLnya…truz g bisa deh ngenet…
    mohon bantuannya doonk..
    plizzz

    go2amdg said:
    3 November 2011 pukul 11:05 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s